Pengaruh Tanda-tanda Berahi saat Inseminasi Buatan (IB) terhadap Keberhasilan Kebuntingan pada Sapi Peranakan Simmental Di Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi

Septika, Rizqi Ria (2019) Pengaruh Tanda-tanda Berahi saat Inseminasi Buatan (IB) terhadap Keberhasilan Kebuntingan pada Sapi Peranakan Simmental Di Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilaksanakan di peternakan rakyat wilayah kerja inseminator Kecamatan Purwoharjo Kabupaten Banyuwangi pada tanggal 20 September 2018 sampai dengan 6 Januari 2019. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk mengetahui pengaruh perbedaan tanda-tanda berahi terhadap keberhasilan inseminasi buatan pada sapi Peranakan Simmental di Kecamatan Purwoharjo. Hasil penelitian ini diharapkan dapat menjadi bahan informasi bagi pemerintah dan bahan rekomendasi sekaligus sebagai bahan acuan bagi pengambilan keputusan pelaksanaan IB dalam mendeteksi berahi dan meningkatkan keberhasilan kebuntingan sapi Peranakan Simmental. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah induk sapi Peranakan Simmental berbagai paritas dengan tanda-tanda berahi pada 3A (merah, bengkak, hangat) berjumlah 30 ekor dan 3A+berlendir (Merah, bengkak, hangat dan berlendir) berjumlah 30 ekor. Kriteria induk sapi yaitu sehat dan memperlihatkan tanda-tanda berahi yang jelas. Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian adalah survey. Pengambilan sampel dilakukan secara purposive sampling dengan syarat responden merupakan akseptor IB dan memiliki induk sapi Peranakan Simmental yang tidak memiliki gangguan reproduksi. Variabel penelitian yang diamati meliputi Non-Return Rate (NRR), Conception rate (CR), dan Service per Conception (S/C). Data yang diperoleh di rata-rata, dilanjutkan dengan analisis statistik menggunakan uji Chi-Square. Hasil penelitian menunjukkan bahwa rataan nilai NRR21 sapi Peranakan Simmental pada kondisi berahi 3A dan 3A+berlendir berurut-turut yaitu 63,33±0,49% dan 43,33±0,50%. Nilai CR pada kondisi berahi 3A dan 3A+berlendir berturut-turut yaitu 63,33±0,49% dan 43,33±0,50%. Nilai S/C pada berahi 3A dan 3A+berlendir berturut-turut yaitu 1,4±0,56 kali dan 1,63±0,61 kali. Hasil analisis uji Chi-Square menunjukkan bahwa kondisi berahi terdapat perbedaan yang nyata terhadap nilai NRR dan CR yang diharapkan (P<0,05), sedangkan kondisi berahi tidak terdapat perbedaan yang nyata terhadap nilai S/C yang diharapkan (P>0,05). Berdasarkan hasil penelitian dapat disimpulkan bahwa kondisi berahi 3A mendapatkan hasil yang sesuai dengan nilai harapan, sedangkan kondisi berahi 3A+berlendir mendapatkan hasil yang tidak sesuai dengan nilai harapan NRR, CR, dan S/C pada sapi Peranakan Simmental. Saran dari hasil penelitian ini adalah sebaiknya pemerintah atau Dinas Peternakan lebih memperhatikan dan memperbaiki faktor-faktor kegagalan dari inseminasi buatan dan inseminator dapat mensosialosasikan tentang deteksi berahi yang tepat sebelum dilakukan inseminasi untuk meningkatkan keberhasilan kebuntingan Sapi Peranakan Simmental.

English Abstract

This research was to determine the effect of estrus characteristics different during artificial insemination on the pregnancy successfilness at Simmental Crossbreed cattle in Purwoharjo subdistrict Banyuwangi Regency. The material used in this research were Simmental Crossbreed cattle at various parity with estrus characteristics at 3A (red, puffy, warm) were 30 heads and 3A plus mucus were 30 heads. The research variables include Non-Return rate (NRR), Conception Rate (CR), and Service per Conception (S/C). The method of this reseacrh was survey. the data was taken primary an secondary data. The data were everage and continued whit using statistical analysis of Chi-Square. Based on the result of this research concluded that estrus characteristics at 3A produces the best number of NRR, CR and S/C in Simmental Crossbreed. The research suggests that it be better to detect the right estrus before the artifical inseminasion because it will produce a higher pergnancy at Simmental Crossbreed cattle.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/261/051910047
Uncontrolled Keywords: Estrus Quality, Simmental Crossbreed Cattle, Artifical Insemination
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.2 Cattle and related animals > 636.208 2 Cattle and related animals (Breeding) > 636.208 24 Cattle and related animals (Breeding and reproduction methods)
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 24 Sep 2020 02:23
Last Modified: 24 Sep 2020 02:23
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175997
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item