Tingkat Keberhasilan Inseminasi Buatan Menggunakan Semen Sexing Dosis Ganda dengan Pada Sapi Peranakan Ongole

Anggraini, Pratiwi Ayu (2019) Tingkat Keberhasilan Inseminasi Buatan Menggunakan Semen Sexing Dosis Ganda dengan Pada Sapi Peranakan Ongole. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Inseminasi Buatan (IB) adalah salah satu teknologi tepat guna yang dapat digunakan untuk meningkatkan mutu genetika ternak dan mempercepat peningkatan populasi ternak. Semen sexing adalah proses pemisahan dari spermatozoa Y dan spermatozoa X yang bertujuan untuk dapat menghasilkan pedet jantan dan sebagai alternatif peningkatan efisiensi reproduksi dalam program IB. Penelitian lapang ini dilaksanakan di peternakan rakyat di Kecamatan Palang, Kabupaten Tuban pada tanggal 23 Juni 2018 sampai 25 Oktober 2018. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui perbedaan tingkat keberhasilan hasil IB menggunakan semen sexing dan non sexing dosis ganda berdasarkan Non Return Rate (NRR) dan Conception Rate (CR) pada sapi Peranakan. Materi penelitian yang digunakan adalah Peranakan Ongole sebanyak 37 ekor sapi yang berahi dan memiliki skor BCS antara 4-6 dari rentang skala penilaian 1-9. Pada 23 ekor menggunakan semen sexing dosis ganda dan 14 ekor menggunakan semen non sexing dosis ganda. Semen yang digunakan adalah semen beku non sexing dan semen beku sexing yang diproduksi dari BBIB Singosari. Semen sexing dilakukan dengan metode Sentrifugasi Gradien Densitas percoll dengan menggunakan spermatozoa Y. Metode yang digunakan dalam penelitian lapang ini adalah eksperimental lapang yaitu dengan membandingkan IB menggunakan semen sexing dan non sexing. Parameter evaluasi keberhasilan IB diukur dengan NRR dan CR. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa pada pengukuran NRR1 semen non sexing diperoleh persentase 85,71% dan 78,57%. Pada NRR2 semen sexing diperoleh persentase 78,26% dan 73,91%. Pada persentase nilai CR pada semen non sexing menghasilkan 8 ekor sapi bunting dari 14 ekor sapi betina berahi dengan persentase 57,14%. Pada semen sexing menghasilkan 12 ekor sapi bunting dari 23 ekor sapi betina berahi dengan persentase 52,17%. Hasil penelitian ini dapat disimpulkan bahwa tingkat keberhasilan Inseminasi Buatan berdasarkan nilai rata-rata Non Return Rate pada sapi Peranakan Ongole dengan dosis ganda menggunakan semen beku sexing lebih rendah (76,08%) dibandingkan dengan semen beku non sexing (82,14%). Nilai Conception Rate menggunakan semen beku sexing lebih rendah (52,17%) dibandingkan dengan semen beku non sexing (57,17%). Saran dari hasil penelitian lapang ini adalah perlu dilakukan peningkatan efisiensi reproduksi serta menejemen pemeliharaan ternak yang baik serta membandingkan tingkat keberhasilan inseminasi buatan dosis ganda menggunakan semen sexing metode SGDP dengan metode sexing lain dan menggunakan ternak yang lebih banyak.

English Abstract

This field research was done on June 23, 2018 to October 25, 2018 in Palang District, Tuban. The purpose of this study was to evaluate the success rate of Artificial Insemination using sexing semen in double doseges based on Non Return Rate (NRR) and Conception Rate (CR) in Ongole Breeds in Palang District, Tuban Regency. The results of this study are expected to be used as a basis for developing applications for the use of sexing cement in the direction of advanced programs for people's livestock and government. The research material used was Ongole Breeds as many as 37 cows with lust and had a BCS score 4-6 in a scale 1-9. Semen used is non-sexing frozen semen and frozen sexing. In 23 cows using sexing semen in doseges and 14 cows using non sexing semen in double doseges. The method used in this field study was an experimental field. The conclusion is average non-return rate in Ongole Breeds of cattle in AI with double doseges using sexing frozen semen was lower (76,08%) compared to non-sexing frozen semen (82,14%). The value of the Conception Rate using sexing frozen semen was lower (52,17%) compared to non-sexing frozen semen (57,17%).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/458/051910231
Uncontrolled Keywords: ongole breeds, artificial insemination, semen sexing, non return rate, conception rate
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.2 Cattle and related animals > 636.208 2 Cattle and related animals (Breeding) > 636.208 24 Cattle and related animals (Breeding and reproduction methods) > 636.208 245 Cattle and related animals (Artificial insemination)
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 17 Sep 2020 02:58
Last Modified: 17 Sep 2020 02:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175919
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item