Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan Numbered Head Together (NHT) terhadap peningkatan Pengetahuan dan Sikap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak Kelas 5 Sekolah Dasar.

Erbiantari, Nila (2019) Pengaruh Pendidikan Kesehatan dengan Metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan Numbered Head Together (NHT) terhadap peningkatan Pengetahuan dan Sikap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak Kelas 5 Sekolah Dasar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Anak sekolah dasar (SD) merupakan kelompok yang membutuhkan lingkungan yang sehat, namun banyak anak usia SD yang menderita penyakit menular akibat buruknya perilaku hidup bersih dan sehat. Usia sekolah merupakan usia keemasan untuk menanamkan pengetahuan nilai-nilai PHBS. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahuai pengaruh pendidikan kesehatan dengan metode Student Teams Achievement Division (STAD) dan Numbered Head Together (NHT) terhadap Peningkatan Pengetahuan dan Sikap Perilaku Hidup Bersih dan Sehat pada Anak Kelas 5 Sekolah Dasar. Penelitian ini adalah penelitian true experimental dengan metode nonequivalent control group pretest-posttest design. Penelitian dilakukan di SDN Dinoyo 4 Malang. Sampel penelitian adalah siswa SD kelas 5 yang berjumlah 40 orang yang diambil dengan teknik simple random sampling. Data dianalisis dengan uji beda rata-rata dua kelompok berpasangan dan uji beda rata-rata dua kelompok tidak berpasangan. Hasil menunjukkan bahwa terdapat perbedaan secara signifikan pengetahuan dan sikap PHBS siswa antara sebelum dengan sesudah diberi pendidikan kesehatan dengan metode STAD dengan α = 0,000. Terdapat perbedaan secara signifikan pengetahuan PHBS antara siswa antara sebelum dengan setelah pendidikan kesehatan dengan metode NHT dengan α = 0,000, namun tidak terdapat perbedaan secara signifikan sikap PHBS siswa antara sebelum dengan sesudah diberi pendidikan kesehatan dengan metode NHT dengan α = 0,084. Pengetahuan dan sikap PHBS tidak berbeda signifikan antara siswa yang diberi pendidikan kesehatan dengan STAD dan dengan NHT dengan nilai α secara berturut-turut 0,862 dan 0,891.

English Abstract

Elementary school children (SD) are a group that needs a healthy environment, but many elementary school children suffer from infectious diseases due to poor hygiene and healthy living behavior. School age is a golden age to instill knowledge of PHBS values. This study aims to determine the effect of health education by the method of Student Teams Achievement Division (STAD) and Numbered Head Together (NHT) on Increasing Knowledge and Attitudes of Clean and Healthy Behavior in Class 5 Primary School Children. This study was a true experimental study using the nonequivalent control group pretest-posttest design method. The study was conducted at Dinoyo 4 Elementary School Malang. The research sample was grade 5 elementary school students totaling 40 people. Data were analyzed by different mean of two unpaired and paired sample test. The results showed that there were significant differences in PHBS students' knowledge and attitudes between before and after being given health education by the STAD method (α = 0,000). There were significant differences in PHBS knowledge between students between before and after health education with the NHT method (α = 0,000), but there was no significant difference in PHBS attitudes between students before and after being given health education with the NHT method (α = 0,084). The differrent learning method of STAD and NHT methods did not significantly affect the students' PHBS knowledge and attitudes. There were not significant differences in PHBS students' knowledge and attitudes between STAD and NHT method (α = 0,862 and α = 0,891).

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/220/051909290
Uncontrolled Keywords: Numbered Head Together (NHT), Perilaku hidup bersih dan sehat, Student Teams Achievement Division, Pengetahuan, Sikap, Numbered Head Together (NHT), Knowledge, clean and healthy behavior, Student Teams Achievement Division, Attitude
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:30
Last Modified: 22 Oct 2021 02:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175847
[thumbnail of Nila Erbiantari.pdf]
Preview
Text
Nila Erbiantari.pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item