Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk Olahan Ayam (Studi Sae Chicken di Kota Malang)

Sari, Devy Ratna (2019) Pengaruh Bauran Pemasaran terhadap Keputusan Pembelian Produk Olahan Ayam (Studi Sae Chicken di Kota Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Meningkatnya jumlah penduduk, tingkat pendapatan, pendidikan dan kesadaran masyarakat terhadap peranan zat-zat makanan, khususnya protein hewani untuk memenuhi kebutuhan gizi bagi manusia menjadikan faktor pendorong meningkatnya permintaan dan konsumsi produk-produk peternakan. Produk-produk peternakan sendiri bisa berupa susu, telur, dan daging. Daging bisa berasal dari ayam, kambing, sapi, kuda, dan kelinci. Konsumsi paling banyak pada kelompok daging salah satunya adalah daging ayam. Seiring dengan perkembangan zaman yang semakin modern menyebabkan munculnya berbagai macam usaha pada bidang kuliner yang mengalami perkembangan pesat dalam beberapa tahun terakhir, perkembangan usaha kuliner ini terlihat jelas dari persaingan para pelaku bisnis yang semakin kreatif dalam menciptakan produk dan layanan untuk memenuhi kebutuhan masyarakat terhadap makanan. Salah satu strategi yang digunakan para pelaku bisnis dalam menjalankan bisnisnya adalah bauran pemasaran (marketing mix). Bauran pemasaran atau sering disebut dengan istilah 7P yaitu produk (product), harga (price), tempat (place), promosi (promotion), bukti fisik (physical evidence), proses (process), dan orang (people) secara bersamaan dilakukan untuk mempengaruhi keputusan pembelian. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui karakteristik konsumen serta pengaruh bauran pemasaran terhadap keputusan pembelian produk olahan ayam Sae Chicken di Kota Malang. Hasil penelitian ini diharapkan dapat mengetahui bagaimana perilaku konsumen dalam pengambilan keputusan pembelian, serta dapat memberikan informasi tentang pengaruh bauran pemasaran terhadap pengambilan keputusan untuk membeli produk olahan ayam Sae Chicken di Kota Malang. Penelitian dilaksanakan pada tanggal 10 Februari 2019 – 10 Maret 2019 di “Sae Chicken Malang” bertempat di Jl. S. Supriadi No.29, Sukun, Kota Malang. Pemilihan lokasi penelitian ditentukan dengan metode purposive atau sengaja berdasarkan atas petimbangan-pertimbangan tertentu. Responden dalam penelitian ini adalah konsumen Sae Chicken 100 orang dengan melakukan wawancara dan pembagian angket kuisioner. Penentuan responden dilakukan dengan metode accidental sampling, yaitu metode pengambilan sampel dengan acak pada responden yang ditemui pada hari – hari libur (weekend) serta dengan syarat responden membeli produk Sae Chicken ≥ 1 kali saat diadakannya penelitian di “Sae Chicken Malang”. Hasil penelitian menunjukkan bahwa uji validitas dan reliabilitas menunjukkan hasil yang valid dengan rhitung > rtabel (0,196) serta reliabel dimana nilai Cronbach (a) > 0,6. Uji normalitas yang dilakukan dengan normal probability plot menunjukkan bahwa data berdistribusi normal karena titik – titik berkumpul disekitas garis lurus. Uji multikolinieritas yang dilakukan menggunakan metode VIF menunjukkan bahwa data tidak terjadi multikolinieritas antar variabel bebas dalam model regresi yang digunakan karena nilai VIF < 10. Pengujian autokorelasi dengan menggunakan nilai Durbin- Watson (DW) menunjukkan bahwa data bebas dari gejala autokorelasi karena -2 ≤ 1.690 ≤ 2. Uji heteroskedastisitas dengan metode korelasi Spearman’s rho menunjukkan bahwa seluruh variabel memiliki nilai sig. > 0,05 sehingga dapat disimpulkan bahwa tidak terjadi gejala heteroskedastisitas antar variabel bebas. Persamaan regresi pada uji regresi linier berganda, yaitu Y= 6,696 + 0,270X1 + 1,113X2 + 0,054X3 + 0,089X4 + 0,174X5 - 0,129X6 + 0,198X7, dengan nilai koefisien determinasi (R2) sebesar 0,406, artinya variabel dependen (keputusan pembelian) dipengaruhi oleh variabel independen (bauran pemasaran) sebesar 40,6%. Uji F ditunjukkan dengan nilai Fhitung (10,672) > Ftabel (2,19), artinya variabel bebas (bauran pemasaran) secara simultan mempengaruhi variabel terikat (keputusan pembelian). Uji T menunjukkan nilai thitung pada variabel produk (X1), harga (X2), dan bukti fisik (X5) lebih besar dari nilai ttabel (1,986), sehingga berpengaruh signifikan, sedangkan variabel tempat (X3), promosi (X4), proses (X6), dan orang (X7) mempunyai nilai thitung < ttabel sehingga tidak memberikan pengaruh yang signifikan. Pada penelitian ini disimpulkan bahwa karakteristik responden dalam pembelian produk olahan ayam mayoritas adalah berjenis kelamin perempuan, dengan usia responden berkisar 21 – 30 tahun, dengan status sebagai mahasiswa dengan pendapatan Rp. 500.000 - < Rp.1.500.000.- , produk yang dibeli adalah chicken geprek/sambal dengan rentang pembelian 1 - 3 kali dalam satu bulan serta bauran pemasaran secara simultan berpengaruh terhadap keputusan pembelian di Sae Chicken Malang. Bauran Pemasaran yang terdiri dari variabel produk, harga, dan bukti fisik secara parsial memberi pengaruh yang signifikan terhadap keputusan pembelian konsumen, sedangkan variabel tempat, promosi, proses dan orang tidak memiliki pengaruh yang signifikan secara parsial terhadap keputusan pembelian konsumen. Variabel yang berpengaruh terhadap keputusan pembelian Sae Chicken Malang adalah variabel harga karena menurut konsumen harga yang ada di Sae Chicken Malang lebih terjangkau untuk mahasiswa. Pada penelitian ini disarankan untuk variabel produk dan harga tetap terus mempertahankan strategi produk dan harga yang telah diterapkan seperti keragaman produk, kualitas yang sesuai dengan produk, harga murah dari produk yang lain dan harga terjangkau. Karena produk dan harga dinilai penting oleh konsumen dalam keputusan pembelian dan strategi produk dan harga yang telah diterapkan dinilai mampu mempengaruhi keputusan konsumen untuk melakukan pembelian di Sae Chicken Malang, sehingga konsumen akan selalu ingat bahwa rumah makan Sae Chicken Malang adalah rumah makan yang memberikan produk yang beragam, enak dengan harga yang relatif murah dari rumah makan yang lain.

English Abstract

This study aims to determine the consumer characteristics and the influence of marketing mix on purchase decisions of processed chicken products Sae Chicken in the City of Malang. Held on February 10, 2019 – March 10, 2019 in the “Sae Chicken Malang” is located in Jl. S. Supriadi No. 29, Sukun, Malang City. This study used survey method of consumers “Sae Chicken Malang”. The analysis used in this research is multiple linear regression analysis, coefficient of determination, F test, and T test. The conclusion of the research that the majority of consumen was female (21 – 30 years) as student. With they purchased chicken geprek/sambal in range 1 - 3 times a month. The marketing mix simultaneously (F test) affect the purchasing decision in Sae Chicken Malang. It consist of product, price, and physical evidence variables partially (T test) gives significant influence on consumer purchase decision Sae Chicken Malang, while are place, promotion, process and people variables give not a significant influence partially on consumer purchase decision.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/607/051910406
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix, Purchase Decision
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 05:54
Last Modified: 10 Aug 2020 05:54
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175845
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item