Peran Penyuluh Peternakan Dalam Pemberdayaan Anggota Kelompok Ternak Kud Sumber Makmur Ngantang

Zaka, Cholidah Islamiyah Zakiatuz (2019) Peran Penyuluh Peternakan Dalam Pemberdayaan Anggota Kelompok Ternak Kud Sumber Makmur Ngantang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penyuluhan peternakan merupakan kegiatan pembelajaran yang dilakukan untuk meningkatkan pengetahuan dan keterampilan guna memberdayakan peternak menjadi lebih maju. Kegiatan penyuluhan peternakan yang dilakukan harus disesuaikan dengan kebutuhan pengetahuan peternak. Penyuluhan dapat dilakukan jika ada perantara dalam melakukan kegiatan tersebut. Penyuluh merupakan seseorang yang berperan dalam menyampaikan materi kepada sasarannya. Seseorang yang berperan sebagai penyuluh sudah harus paham mengenai peran apa saja yang harus dijalankan dalam melakukan penyuluhan. Peran penyuluh dapat berupa sebagai edukator, motivator, fasilitator, dan komunikator. Tujuan penelitian ini dilakukan ialah untuk mengevaluasi peran penyuluh peternakan yang dijalankan pada kegiatan pemberdayaan Anggota Kelompok Ternak KUD Sumber Makmur, untuk mengetahui tingkat keberdayaan anggota kelompok ternak, serta untuk mengetahui kontribusi peran penyuluh dengan tingkat keberdayaan Anggota Kelompok Ternak KUD Sumber Makmur. Penelitian ini menggunakan metode mix methods yaitu penelitianx menggabungkan dua bentuk kualitatif dan kuantitatif. Penelitian menggunakan metode survey yaitu pengambilan data dengan cara wawancara dan kuesioner, selanjutnya data diolah dan dianalisis menggunakan uji regresi linier berganda. Metode pengambilan sampel dalam penelitian ini menggunakan purposive sampling yaitu penentuan sampel dengan pertimbangan tertentu. Pertimbangan sampel tersebut dipilih anggota kelompok ternak yang aktif mengikuti kegiatan kelompok maupun penyuluhan. Populasi anggota kelompok yang termasuk aktif ada 65 orang, selanjutnya penarikan sampek dengan menggunakan metode slovin. Dari hasil penarikan metode slovin didapatkan sampel sebanyak 40 orang peternak yang dijadikan sampel penelitian. Penelitian dilakukan di Anggota Kelompok Peternak KUD Sumber Makmur khususnya di Desa Waturejo. Analisis uji yang dipakai dalam penelitian ini adalah uji korelasi rank spearman. Hasil penelitian menunjukkan bahwa peran penyuluh peternakan sebagai edukator dan fasilitator mempunyai hubungan positif dengan tingkat keberdayaan dengan keeratan dalam kategori kuat karena nilai koefisien korelasinya diantara 0,600 – 0,799. Peran penyuluh sebagai motivator dan komunikator juga memiliki hubungan yang positif dengan tingkat keberdayaan peternak dengan kategori sedang, hal ini karena nilai koefisien korelasinya diantara 0,400 – 0,599.

English Abstract

Farming counseling is an informal learning activity. The role of the instructor can be as an educator, motivator, facilitator and communicator. This role can influence or make changes to the education objectives. This research was carried out on dairy farmers KUD Sumber Makmur. The objectives of the research were: (1) to know how the role of extension upon, (2) to figure out the empowerment level the farmers, and (3) to find out the relationship between the role of extension agents and the level of empowement of farmer. The method used uses mix methods. 40 farmers were selected by using purposive sampling method and were interviewed as the respondents as well. Determination of research samples, carried out by the Slovin method. The result show: (1) the role of extension agent as educators and facilitators had a positive relationship with the level empowerment, with closeness in the strong category because the correlation coefficient value was between 0.600 – 0.799 (2) the role of extension agent as a motivatorviii and communicator also has a positive relationship with the level of empowerment of farmers with a moderate category, this is because the correlation coefficient value is between 0.400 – 0.599

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/201/051909967
Uncontrolled Keywords: Role Extension and Empowerment
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.007 Livestock--Study and teaching
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Sep 2020 15:19
Last Modified: 25 Jan 2023 01:24
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175818
[thumbnail of Cholidah Islamiyah Z.Z (2).pdf] Text
Cholidah Islamiyah Z.Z (2).pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item