Perbedaan Kepuasan Pasien JKN dengan Pelayanan Rawat Inap Kelas II dan III antara Rumah Sakit Pemerintah dengan Rumah Sakit Swasta di Malang.

Azis, Ilvan Nur (2019) Perbedaan Kepuasan Pasien JKN dengan Pelayanan Rawat Inap Kelas II dan III antara Rumah Sakit Pemerintah dengan Rumah Sakit Swasta di Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada era jaminan kesehatan nasional (JKN) saat ini setiap rumah sakit dituntut untuk memberikan layanan yang optimal sesuai dengan standar yang telah ditetapkan. Menurut Undang-Undang No 44 tahun 2009 tentang Rumah Sakit, berdasarkan pengelolaannya rumah sakit dibedakan menjadi dua yaitu rumah sakit pemerintah yang dikelola oleh pemerintah atau pemerintah daerah dan rumah sakit swasta yang dikelola oleh Perseroan. Tujian penelitian adalah untuk mengetahui perbedaan kepuasan pasien JKN di ruang rawat inap kelas II dan III antara rumah sakit pemerintah dengan swasta di Malang. Penelitian ini menggunakan rancangan cross sectional study yang digunakan untuk menganalisa perbedaan kepuasan pasien JKN di rumah sakit pemerintah dan swasta. Hasilnya didapatkan tingkat kepuasan pasien di kedua rumah sakit bberada pada kategori tinggi. Responden dalam penelitian ini berjumlah 200 responden dimana terdapat 100 responden pada masing-masing rumah sakit yang dipilih dengan teknik purposive sampling. Hasil uji statistik Mann Whitney mempunyai nilai signifikasi 0,000 yang berarti terdapat perbedaan yang signifikan kepuasan pasien antara rumah sakit pemerintah dan rumah sakit swasta. Hasil penelitian ini disimpulkan terdapat perbedaan yang signifikan kepuasan pasien antara rumah sakit pemerintah dengan rumah sakit swasta, meskipun keduanya berada pada kategori kepuasan yang tinggi. Disarankan kepada perawat di rumah sakit pemerintah dapat meningkatkan mutu layanan keperawatan yang diberikan agar kepuasan pasien yang tinggi dapat tercapai setara dengan pelayanan di rumah sakit swasta. Hal ini karena pada era JKN saat ini baik rumah sakit pemerintah maupun rumah sakit swasta itu setara sesuai dengan pencapaian akreditasi

English Abstract

In the national health coverage (NHC) era, every hospital is demanded to provide optimal services in accordance with established standards. According to Law No. 44 of 2009 concerning Hospitals, based on the management of hospitals it is divided into two categories, namely public hospitals, which is managed by the government or regional public and private hospitals which is managed by the private company. This study was conducted to determine the differences in satisfaction of NHC patients in class II and III inpatient between public and private hospitals in Malang. This study used a cross sectional study design that was used to analyze differences in satisfaction of NHC patients in public and private hospitals. The result of patient satisfaction level in both hospitals is in the high category. Respondents in this study amounted to 200 respondents where there were 100 respondents in each hospital selected by purposive sampling technique. The results of the Mann Whitney statistical test have a significance value of 0,000 which means that there is a significant difference in patient satisfaction between public hospitals and private hospitals. The results of this study concluded that there were significant differences in patient satisfaction between public and private hospitals, although both were in the high satisfaction category. It is suggested that nurses at public hospitals can improve the quality of nursing services provided so that higher patient satisfaction can be achieved in with services in private hospitals. This is because in the current NHC era, both of public and private hospitals are equal in accordance with the achievement of accreditation.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/8/051909174
Uncontrolled Keywords: Kepuasan Pasien, Rumah Sakit Pemerintah, Rumah Sakit Swasta, Patient Satisfaction, Public Hospital, Private Hospital
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:30
Last Modified: 19 Oct 2021 05:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175790
[thumbnail of Ilvan Nur Azis.pdf]
Preview
Text
Ilvan Nur Azis.pdf

Download (3MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item