Perbandingan Sweating Rate dan Anatomi Kelenjar Keringat Pada Sapi Jantan Peranakan Ongole dan Silangannya Dengan Simmental

Shofa, Fitria Mila (2019) Perbandingan Sweating Rate dan Anatomi Kelenjar Keringat Pada Sapi Jantan Peranakan Ongole dan Silangannya Dengan Simmental. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Seiring bertambahnya jumlah penduduk di negara Indonesia, maka kebutuhan daging sapi untuk dikonsumsi semakin meningkat setiap tahunnya, Selain itu kemampuan penyediaan sapi potong lebih rendah dibanding jumlah permintaannya, akibatnya impor bakalan dan daging terus menunjukkan jumlah yang semakin meningkat, oleh karena itu diperlukan berbagai upaya untuk meningkatkan produktivitas sapi potong yaitu dengan mengembangkan peternakan rakyat yang berbasis sapi potong lokal. Untuk mendapatkan kualitas keturunan sapi potong lokal yang lebih baik maka peternak Indonesia menyilangkan sapi Peranakan Ongole dengan Simmental (Simpo), maka dari itu untuk mengetahui tingkat stress pada sapi tersebut perlu dilakukan penelitian mengenai sweating rate dan pengamatan anatomi kelenjar keringat. Penelitian sweating rate dilakukan di RPH Gadang Kota Malang. Pelaksanaan penelitian mulai tanggal 23 Juni – 18 Desember 2018 dengan metode percobaan pengamatan sweating rate (laju perkeringatan) yang dilakukan pada 8 ekor sapi yaitu 4 ekor sapi PO dan 4 ekor sapi Simpo dengan mengamati perubahan warna pada CCD (Cobalt Chloride Disk) dari warna biru berubah ke warna semula (merah muda), sedangkan pengamatan anatomi kelenjar keringat dilakukan di Laboratorium Biosains Universitas Brawijaya dengan memasukkan sampel kulit pada bagian yang telah dilakukan percobaan Sweating rate. Analisis data dilakukan dengan uji student-t (uji t) tidak berpasangan. Berdasarkan hasil analisa statistik didapatkan bahwa Sweating rate antara sapi PO dan Simpo berbeda nyata (P<0,01). Berdasarkan nilai rataan sweating rate pada sapi PO dan Simpo (88,82±3,15g/cm2h dan 114,02±10,27g/cm2h) diketahui bahwa sapi PO memiliki nilai sweating rate yang lebih rendah dibandingkan dengan sapi Simpo. Hal tersebut disebabkan karena sapi PO belum beradaptasi dengan lingkungan serta mengalami tingkat stress yang tinggi, sedangkan anatomi kelenjar keringat pada sapi PO diketahui lebih besar dan dan panjang dibandingkan dengan sapi Simpo yang bentuk kelenjar keringatnya lebih kecil dan lancip. Jumlah kelenjar keringat pada sapi PO juga lebih banyak dibandingkan dengan sapi Simpo. Berdasarkan penelitian disimpulkan bahwa sapi PO memiliki nilai sweating rate lebih rendah dari sapi Simpo, namun ukuran kelenjar keringat sapi PO lebih besar serta jumlahnya lebih banyak dibandingkan sapi Simpo. Sebaiknya penelitian mengenai sweating rate pada sapi PO tidak dilakukan di Rumah Potong Hewan melainkan dilakukan di peternakan rakyat atau Loka Penelitian Sapi Potong Grati Pasuruan.

English Abstract

The aim of this research was to compare the sweating rate and anatomical of sweat glands of Ongole Crossbred (Bos indicus) and crossbred with Simmental (Simpo). The method used was case study and microscopic observations at the bioscience laboratory University of Brawijaya. Material were 4 heads of Ongole Crossbred (Bos indicus) and 4 heads of crossbred with Simmental (Simpo). Data analysis was conducted using unpaired student t-test. The results showed that the value of sweating rates Ongole Crossbred (Bos indicus) (88.82±3.15g/cm2h) and the value of sweating rates Simpo (114.02±10.27g/cm2h). The results of the study of the anatomical shape of the sweat glands found in Ongole Crossbred (Bos indicus) cattle have the shape of sweat glands that are baggy shape while in Simpo cattle have irregular sweat gland.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/577/051910350
Uncontrolled Keywords: Cattle, skin structure, heat stress
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.2 Cattle and related animals > 636.21 Cattle for specific purposes
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:44
Last Modified: 05 Aug 2020 07:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175731
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item