Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Goreng KFC di Taman Dayu Pandaan Pasuruan

Ifan, Achmad Luthfan Syauqiy (2019) Pengaruh Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Ayam Goreng KFC di Taman Dayu Pandaan Pasuruan. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kecamatan Pandaan merupakan daerah berkembang pariwisata seperti The Taman Dayu. Sehingga beberapa perusahaan kuliner berkembang baik, salah satunya KFC Pandaan yang terletak di The Taman Dayu tepatnya di Jl. Raya Malang – Surabaya KM.48, Kali Tengah, Karang Jati, Pandaan, Pasuruan, Jawa Timur 67156. Restoran cepat saji yang menyediakan makanan dari olahan peternakan yang berbahan baku ayam tersebut tidak terlepas kemampuannya untuk dapat memaksimalkan kepuasan pelanggannya, baik melalui pengembangan kualitas produk, harga, promosi, tempat yang strategi dan kenyamanannya, pelayanan pramusaji terhadap pembeli, peralatan pendukungnya seperti bentuk bangunan yang unik dan tahapan proses dari pemasaran itu sendiri. Kepercayaan masyarakat melakukan pembelian ayam goreng di KFC Taman Dayu Pandaan sudah baik, namun perusahaan perlu meningkatkannya karena adanya persaingan dengan gerai ayam goreng dari perusahaan lain, sehingga dengan adanya strategi pemasaran yang baik, maka diharapkan KFC tetap mendapatkan loyalitas konsumen. Penelitian dilakukan di KFC Taman Dayu Pandaan Pasuruan. Pengumpulan data dilakukan pada tanggal 24-30 September 2018. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisis : 1. Karakteristik konsumen pembeli produk ayam goreng KFC Taman Dayu Pandaan: 2. Pengaruh Marketing Mix (produk, harga, promosi, tempat, orang lingkungan pendukung, dan proses) terhadap keputusan pembelian ayam goreng di KFC Pandaan. Metodologi penelitian ini dilakukan dengan survei, data yang diambil yaitu data primer dan sekunder. Daftar pertanyaan (kuisioner) diberikan kepada konsumen produk KFC. Teknik pengambilan data secara accidental sampling sebesar 100 responden. Hasil penelitian menunjukkan, karakteristik responden berdasarkan umur 15-25 tahun adalah 35%.Pendidikan SMA sebesar 35%. Jumlah anggota keluarga 1-2 orang adalah 43%. Pendapatan Rp 2.600.000-4.000.000 sebesar 36%. Jarak rumah >10 Km sebesar 47%. Faktor-faktor marketing mix yang dipertimbangkan oleh konsumen dalam menentukan keputusan pembelian ayam goreng KFC adalah faktor 1 (rasa, variasi, tekstur ayam, penjualan langsung, papan reklame, layanan iklan, lokasi strategis, pelayanan, kotak saran, kebersihan tempat duduk), faktor 2 (harga, kesopanan dan keramahan), faktor 3 (peralatan penyajian), faktor 4 (pembayaran), faktor 5 (desain menu), faktor 6 (daftar harga). Kesimpulan penelitian yaitu, 1. Karakteristik responden berdasarkan umur, tingkat pendidikan, jumlah anggota keluarga, pendapatan perbulan dan jarak rumah memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian. 2. Faktor-faktor marketing mix berpengaruh dalam proses keputusan pembelian ayam goreng KFC oleh konsumen . Saran-saran yaitu untuk KFC Taman Dayu Pandaan agar mempertahankan kualitas produk dan meningkatkan kualitas faktor yang menjadi pertimbangan konsumen, yaitu faktor 1 (rasa, variasi, tekstur ayam, layanan iklan, lokasi strategis, pelayanan, kotak saran), faktor 2 (harga, kesopanan dan keramahan), faktor 3 (peralatan penyajian), faktor 5 (desain menu), faktor 6 (daftar harga) agar keinginan konsumen dapat terpenuhi.

English Abstract

The development of tourism in Pandaan has increased. One of them is the Taman Dayu area which provides playground facilities, villas and waterparks. So that, providers of culinary services in the region are also developing, one of which is KFC Pandaan.Field data collection were carried out of the date of 24 until 30 September 2018. The selection of respondents were taken by accidental sampling. Respondents used is coming to buy fried chicken at KFC Taman Dayu Pandaan as much as one hundred respondents. The research method was done with the survey the data are taken in different ways: first, the interview was carried out by means of direct to consumer product fried chicken in KFC Taman Dayu Pandaan. Second, the questionnaire is given to consumers product in KFC the respondents. Use analysis of loading factor and multiple linier regression. Conclusion this research: First the age of consumer products the fried chicken in KFC Taman Dayu is 15-25 are 35%. Based on the educational level of the consumer in Senior High school is 35%. The number of family members 1-2 is 43%. Family revenueof IDR 2,600,000 - 4,000,000 is 36%. The distance more than 10 Km is 47%. Second of the factors of the product, the marketing mix strategy considered by consumers in purchasing KFC fried chicken are factor 1 (taste, variation, texture of chicken, direct sales, billboards, advertising services, strategic location, service, suggestion box, cleanliness of seating), factor 2 ( price, politeness and friendliness), factor 3 (presentation equipment), factor 4 (payment), factor 5 (menu design), factor 6 (price list).

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/558/051910331
Uncontrolled Keywords: Marketing Mix, Purchase Desicion
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 10 Aug 2020 05:44
Last Modified: 10 Aug 2020 05:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175714
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item