Hubungan Kinerja Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan di Puskesmas Rawat Inap Wilayah Kerja Kabupaten Nganjuk.

Primadita, Sukmawati Arum (2019) Hubungan Kinerja Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien Terhadap Pelayanan Keperawatan di Puskesmas Rawat Inap Wilayah Kerja Kabupaten Nganjuk. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan keperawatan diberikan berdasarkan pada pengetahuan yang dimiliki perawat. Kinerja perawat adalah suatu aspek yang berkaitan dengan mutu pelayanan keperawatan yang dapat mempengaruhi mutu pelayanan serta kepuasan yang dirasakan oleh pasien. Penelitian ini bertujuan untuk menganalisa hubungan kinerja perawat dengan tingkat kepuasan pasien terhadap pelayanan keperawatan di Puskesmas rawat inap wilayah kerja Kabupaten Nganjuk. Rancangan penelitian cross sectional dengan jumlah responden 83 perawat yang bekerja di Puskesmas rawat inap wilayah kerja Kabupaten Nganjuk dan 83 pasien rawat inap di Puskesmas rawat inap wilayah kerja Kabupaten Nganjuk dengan menggunakan teknik purposive sampling. Kinerja perawat sebagian besar sudah baik dengan hasil 55,4% dan tingkat kepuasan pasien sebagian besar sudah puas terhadap pelayanan keperawatan dengan hasil 47%. Hasil uji spearman rank mempunyai p-value 0.002, diartikan bahwa terdapat hubungan yang signifikan antara kedua variabel yang diteliti. Nilai koefisien korelasi spearman sebesar 0.338. Nilai tersebut menunjukkan kekuatan hubungan cukup yang berarti semakin baik kinerja perawat maka kepuasan yang dirasakan oleh pasien semakin bertambah. Diharapkan para tenaga kesehatan khususnya perawat di Puskesmas rawat inap wilayah kerja Kabupaten Nganjuk agar dapat mempertahankan kinerjanya dengan baik dan sesuai dengan standar keperawatan agar kebutuhan dan harapan pasien dapat terpenuhi dengan baik.

English Abstract

Nursing services are given based on the knowledge possessed by nurses. Nurse performance is an aspect related to the quality of nursing services that can affect service quality and satisfaction felt by patients. This study aims to analyze the relationship nurse performance with the level of patient satisfaction to nursing services in the inpatient health center in the Nganjuk Regency work area. The cross-sectional study design with the number of 83 nurses working at the inpatient health center in the Nganjuk Regency work area and 83 inpatients at the inpatient health center in the Nganjuk Regency work area using a purposive sampling technique. The nurse's performance was mostly good with 55.4% results and the level of patient satisfaction was mostly satisfied with nursing services with a result of 47%. The results of the Spearman rank test have a pvalue of 0.002, which means that there is a significant relationship between the two variables studied. Spearman correlation coefficient of 0.338. This value shows enough relationship strength which means that the better the performance of nurses, the more perceived satisfaction of patients. It is expected that health workers, especially nurses at the Puskesmas, will be hospitalized in the Nganjuk Regency work area so that they can maintain their performance properly and in accordance with nursing standards so that the needs and expectations of patients can be fulfilled properly.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/145/051909164
Uncontrolled Keywords: Kinerja Perawat, Kepuasan Pasien, Nurse Performance, Patient Satisfaction
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:30
Last Modified: 19 Oct 2021 05:37
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175683
[thumbnail of Sukmawati Arum Primadita.pdf]
Preview
Text
Sukmawati Arum Primadita.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item