Pengaruh Lama Waktu Tunggu Operasi Elektif Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Bpjs Di Rskh Batu

Aweq, Fransiska Leny (2017) Pengaruh Lama Waktu Tunggu Operasi Elektif Terhadap Kepuasan Dan Loyalitas Pasien Bpjs Di Rskh Batu. Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berbagai upaya untuk meningkatkan standar mutu rumah sakit, pemerintah juga mengupayakan Jaminan Kesehatan Nasional (JKN) dalam menjamin agar setiap penduduk Indonesia memiliki akses yang mudah terhadap kesehatan. Salah satu standar mutu yang harus ditingkatkan adalah waktu tunggu operasi elektif di RSKH Batu harus sesuai dengan standar pelayanan di rumah sakit yaitu ≤2 hari sedangkan hasil studi pendahuluan pencapaiannya lebih dari standar, khususnya pada kasus soft tissue dengan jumlah kasus yang meningkat menyebabkan terjadinnya waktu tunggu operasi elektif semakin lama. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh lama waktu tunggu terhadap kepuasan dan loyalitas pasien. Desain penelitian ini adalah explanatory research dengan pendekata cross sectional. Populasi penelitian ini adalah pasien rawat inap dengan kasus pre operasi soft tissue tumor dengan jumlah 38 orang.Sampel penelitian ini menggunakan metode purposive sampling.Instrumen yang digunakan pada penelitian ini adalah lembar kuesioner untuk mengetahui pengaruh waktu tunggu terhadap kepuasan dan loyalitas pasien.Analisis data menggunakan Generalized Structured Component Analysis (GSCA). Hasil penelitian menunjukan bahwa waktu tunggu berpengaruh positif namun tidak signifikan terhadap kepuasan pasien; loyalitas berpengaruh positif dan signifikan terhadap kepuasan pasien; waktu tunggu berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien; kepuasan berpengaruh positif dan signifikan terhadap loyalitas pasien; waktu tunggu terhadap kepuasan melalui loyalitas berpengaruh positif namun tidak signifikan; dan waktu tunggu terhadap loyalitas melalui kepuasan berpengaruh positif namun tidak signifikan.

English Abstract

Hospital needs to fulfill the standard of quality improvement which has been set by the government which is one of it is serve all patient include the National Social Health Insurance patients which are the all citizen of Indonesia. One of the quality standards which have to be improve in RSKH Batu is the waiting time of elective surgery that did not fulfill the standard which is ≤2 days, especially in soft tissue cases which are have a high number of cases that lead to the delay of the elective surgery. The purpose of this research is to find the effect of the length of waiting time on patient satisfaction and loyalty. Then, the design of this research is explanatory research with cross sectional approach. Furthermore, the population of this research are 38 inpatients with pre surgery of soft tissue tumor. Purposive sampling method is used as research sample, meanwhile the questioner used as the instrument in order to know the effect of the waiting time on patient satisfaction and loyalty. The data received are analyzed by Generalized Structured Component Analysis (GSCA). The result showed that the waiting time has positive effect but it is not significant on patient satisfaction; loyalty has positive effect and significant on patient satisfaction; the length of waiting time has positive effect and significant on patient loyalty; satisfaction has positive effect and significant on patient loyalty; furthermore, the length of waiting time of surgery on patient satisfaction through loyalty has positive effect but not significant and it also happened in the effect of waiting time on patient loyalty which has positive effect but not significant.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/362.12/AWE/p/2017/041802317
Uncontrolled Keywords: HOSPITALS, HEATH CENTERS - HOSPITALS
Subjects: 300 Social sciences > 362 Social problems of and services to groups of people > 362.1 People with physical illnesses > 362.12 Clinics and related institutions
Divisions: S2/S3 > Magister Manajemen Rumah Sakit, Fakultas Kedokteran
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 18 Nov 2019 03:08
Last Modified: 10 Dec 2021 03:15
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175663
[thumbnail of Fransiska Leny Aweq (2).pdf]
Preview
Text
Fransiska Leny Aweq (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item