Analisis Rantai Nilai Madu Standar International Dan Madu Multiflora (Studi Kasus Di Pt Kembang Joyo Sriwijaya, Retail Jakarta)

Shabira, Fakhira (2019) Analisis Rantai Nilai Madu Standar International Dan Madu Multiflora (Studi Kasus Di Pt Kembang Joyo Sriwijaya, Retail Jakarta). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan di PT Kembang Joyo Sriwijaya dengan lokasi retail di Jakarta. Tujuan dari penelitian ini untuk mengetahui rantai nilai madu standar international dan madu multiflora di PT Kembang Joyo Sriwijaya. Responden dalam penelitian ini terdiri dari 5 peternak, PT Kembang Joyo Sriwijaya, retail dan 81 konseumen. Pengambilan data dilakukan pada 21 januari- 21 februari 2019. Metode penelitian yang diigunakan dengan pengumpulan data primer dengan wawancara responden menggunakan alat bantu kuisioner, serta data sekunder yang didapatkan dari PT Kembang Joyo Sriwijaya dan studi literatur. Penentuan sampel pada penelitian ini menggunakan purposive sampling untuk menentukan PT Kembang Joyo Sriwijaya dan snowball sampling untuk menentukan responden yang terlibat dalam rantai nilai di perusahaan. Hasil penelitian menunjukan rantai nilai madu standar international dan madu multiflora yang terjadi di PT Kembang Joyo Sriwijaya memiliki keunggulan dalam aliran informasi dalam penjualan produk melalui website secara online dan aliran finansial dengan metode pembayaran menggunakan aplikasi mobile banking dalam pembelianix melalui website. Aliran produk memberikan nilai tambah yang lebih tinggi untuk madu multiflora dengan 59,75% dibandingkan madu standard international 56,53%. Margin pemasaran dari kedua madu tersebut memiliki nilai margin yang sama yaitu 36%. Saran dari penelitian ini, perusahaan dapat mengoptimalkan pemasaran lewat media elektronik dan media online untuk meningkatkan penjualan secara online karena memberikan nilai tambah yang lebih tinggi bagi perusahaan.

English Abstract

Research was conducted in Kembang Joyo Sriwijaya Company retail location at Jakarta. The study proposed to investigate the value chain of standard international honey bee and multiflora honey bee. Four respondent groups were 5 farmer, processor of Kembang Joyo Sriwijaya Company, retailer and 81 consumers. Data were collected from 21st January -21st February, 2019. Primary data obtained by survey methods using quistionare consist of information, prodcts and financial flow along the value chain. Secondary data were provided by Kembang Joyo Sriwijaya Company and related institutions. Results found that two value chain (VC) of Kembang Joyo Sriwijaya company consisted of standard international honey bee and multiflora honey bee. The superior information flow was represented by e-commerce especially online marketing, website and application. The financial flow has already advance through mobile banking payment. multiflora honey bee provided the highest value added (59.75%) than those of standard international honey bee (56.53%). The precented margin was 36% for both standard international honey bee and multiflora honey bee.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/68/051909834
Uncontrolled Keywords: Value added, Marketing Margin, Online Marketing
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 638 Insect culture > 638.1 Bee keeping (apiculture) / Bee culture > 638.16 Honey processing / Bee products / Honey > 638.160 688 Honey--Marketing
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:28
Last Modified: 24 Oct 2021 08:31
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175653
[thumbnail of Fakhira Shabira (2).pdf]
Preview
Text
Fakhira Shabira (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item