Evaluasi Penerapan Pemasaran Media Sosial Dan Konvensional Berbasis Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Susu Di Koperasi Agro Niaga Jabung Kabupten Malang

Anoraga, Danang Sandi (2019) Evaluasi Penerapan Pemasaran Media Sosial Dan Konvensional Berbasis Marketing Mix Terhadap Keputusan Pembelian Pada Produk Susu Di Koperasi Agro Niaga Jabung Kabupten Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Koperasi Agro Niaga merupakan salah satu koperasi yang mengolah bahan baku susu. Produk olahan susu segar menjadi produk utama yang ada di koperasi Argo Niaga. Susu paesturiasi dengan merk “Jab Milk dan produk olahan Yogurt serta Frozen Yogurt dikemas dengan berbagai varian rasa adalah satu satu produk yang bisa langsung dikonsumsi oleh konsumen. Kotler (2006), menyatakan bahwa keputusan konsumen dalam membeli barang dan jasa didapati beberapa faktor : karakteristik konsumen, rangsangan perusahaan yang mencakup produk, harga, tempat dan promosi serta kondisi rangsa ngan lainnya seperti politik, ekonomi, teknologi dan budaya. Respon dari konsumen terhadap rangsanganix tersebut akan mengarah kepada keputusan akan sebuah produk, keputusan akan sebuah merek, keputusan terhadap dealer dan waktu dan jumlah pembelian. Pengumpulan data penelitian ini dilaksankan pada 10 September – 30 September 2018 di Koperasi Agro Niaga Jabung Malang. Koperasi Agro Niaga Jabung ini bertempat di dijalan Suropati 4-6 Kemantren, Jabung, Malang. Penelitian ini bertujuan:1.Menganalisis pengaruh marketing konvensional dengan mendekatkan marketing mix terhadap keputusan pembelian produk susu dikoperasi Agro Niaga.2.Menganalisis pengaruh pemasaran melalui media sosial dengan mendekatkan marketing mix terhadap keputusan pembelian produk susu dikoperasi Agro Niaga.3.Mengetahui variable mana yang lebih besar diantara marketing konvensional dan media sosial yang memberikan pengaruh terhadap keputusan pembelian produk susu dikoperasi Agro Niaga Metode penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah survey. Pendekatan dalam penelitian ini adalah pendekatan kuantitatif. Teknik pengambilan sampel menggunakan metode Accidental sampling dengan jumlah sampel sebanyak 100 responden. Data yang digunakan adalah sumber data primer dan sekunder. Metode analisis data yang digunakan dalam penelitian ini adalah analisis deskriptif kuantitatif. Analisis deskriptif, sedangkan untuk menganalisis faktor-faktor keputusan Pembelian Konsumen terhadap Produk susu dengan menggunakan analisis regresi bergandax Hasil penelitian yang di peroleh untuk faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian melalui pendekatan marketing mix secara adalah variabel produk, harga, tempat, dan promosi yang menyatakan setuju dengan nilai rata – rata berurutan sebesar (2,89), (3,13), (3,22), dan (3,33). Faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian melalui pendekatan marketing mix secara media sosial adalah variabel produk, harga, tempat, dan promosi menunjukkan responden setuju dengan nilai berurutan sebesar (2,82), (2,97), (2,91), dan (2,88). Berdasarkan hasil analisis regresi, maka menunjukkan hasil bahwa variabel bebas “Kualitas Produk, Kenyamanan Tempat, dan Promosi Perubahan Harga”, “Ukuran Kemasan, Fasilitas Tempat, dan Sistem Pembayaran”, dan “Label Harga dan Aneka Rasa” secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian secara konvensional. Hasil analisis regresi media sosial, maka menunjukkan hasil bahwa variabel Kualitas Produk, dan Penetapan Harga”, “Variasi Produk, Sistem Pembayaran, dan Media Promosi Twitter”, dan “Media Pomosi Facebook dan Fasilitas Store Media Sosial” secara bersama-sama memiliki pengaruh signifikan terhadap variabel terikat yaitu keputusan pembelian secara ,media sosial Kesimpulan yang dapat diambil bahwa Faktor “Kualitas Produk, Kenyamanan Tempat, dan Promosi Perubahan Harga”, “Ukuran Kemasan, Fasilitas Tempat,xi dan Sistem Pembayaran”, dan “Label Harga dan Aneka Rasa” secara bersama mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputuan pembelian secara konvensional. Sedangkan Faktor “Kualitas Produk, dan Penetapan Harga”, “Variasi Produk, Sistem Pembayaran, dan Media Promosi Twitter”, dan “Media Pomosi Facebook dan Fasilitas Store Media Sosial” secara bersama mempengaruhi perilaku konsumen terhadap keputuan pembelian secara media social, namun secara parsial faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian secara konvensional yaitu “Indeks Kualitas Produk, dan Penetapan Harga” dan “Indeks label harga dan aneka rasa”. Untuk secara parsial pada faktor yang mempengaruhi keputusan pembelian secara media social yaitu “Indeks Kualitas Produk, Kenyamanan Tempat, dan Promosi Perubahan Harga” dan “Indeks Ukuran Kemasan, Fasilitas Tempat, dan Sistem Pembayaran”. Saran dari penelitian ini adalah Meningkatkan kegiatan promosi melalui kegiatan pameran dan bazar secara berkala baik di kecamatan, kabupaten, maupun di kota besar sekitarnya, promosi lewat iklan, di media elektronik, atau menjadi sponsor produk pada event-event yang berskala nasional sehingga hasil produk lebih dikenal ol

English Abstract

This study has some purpose : Analyze the influence of conventional marketing and social media marketing by bringing the marketing mix to the decision to purchase dairy products. The approach in this study is a quantitative approach. Descriptive analysis, and multiple regression analysis.The research konvensional marketing according to respondents are: On product variables, prices, places, and promotions which agree with average values of (2.89), (3, 13), (3.22), and (3.33). Social media marketing according to respondents are: In product variables, prices, places, and promotions indicate respondents agree with sequential values of (2.82), (2.97), (2.91), and (2.88). The results regression analysis, isvii variables "Product Quality, Place Comfort, and Promotion of Price Changes", "Packaging Size, Place Facilities, and Payment System", and "Price Labels and Various Flavors" together have a significant influence on the dependent variable, purchasing decision konvensional, and the results regression analysis, is Product Quality variable, and Pricing "," Product Variation, Payment System, and Twitter Promotion Media, and "Facebook Promoting Media and Media sosial Store Facility" together have a significant effect on the dependent variable purchasing decision ,social media. The conclusion is "Product Quality, Place Comfort, and Promotion of Price Changes", "Packaging Size, Place Facilities, and Payment System", and "Price Labels and Various Sense" jointly influence consumer behavior towards conventional purchase decisions. While the factors of "Product Quality, and Price Determination", "Product Variation, Payment System, and Twitter Promotion Media, and" Facebook Promoting Media and Media sosial Store Facilities "jointly influence consumer behavior towards the need to purchase social media. Partially the factors that influence conventional purchasing decisions are "Product Quality Index, and Pricing" and "Price label index and various flavors". Partially, the factors that influence social media purchasing decisions are "Product Quality Index, Place Comfort, and Promotion of Price Changes" and "Packaging Size Index, Place Facilities, and Payment System"

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/22/051909788
Uncontrolled Keywords: Marketing mix, Buying decision, Koperasi Agro Niaga, Jabs milk
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:06
Last Modified: 24 Oct 2021 07:52
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175591
[thumbnail of DANANG SANDI ANORAGA (2).pdf]
Preview
Text
DANANG SANDI ANORAGA (2).pdf

Download (2MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item