Hubungan antara Tingkat Kecerdasan Interpersonal Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Aminah Blitar.

Irwansyah, Fajar (2019) Hubungan antara Tingkat Kecerdasan Interpersonal Perawat dengan Tingkat Kepuasan Pasien di Ruang Rawat Inap Rumah Sakit Umum Aminah Blitar. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kecerdasan interpersonal adalah kapasitas seseorang untuk memahami maksud, keingininan serta motivasi dari orang lain. Dalam pelaksanaannya, kecerdasan interpersonal mempengaruhi terjadinya komunikasi interpersonal. Komunikasi interpersonal adalah proses pertukaran informasi antara sesorang yang dapat diketahui langsung responnya. Komunikasi interpersonal yang terjadi di rumah sakit adalah antara pasien dengan perawat. Komunikasi yang baik antara pasien dan perawat akan menghasilkan kepuasan pasien. Semakin tinggi kepuasan pasien, maka akan semakin tinggi mutu pelayanan di rumah sakit karena kepuasan pasien merupakan suatu ukuran mutu pelayanan. Tujuan dari penelitian ini adalah untuk menganalisa hubungan tingkat kecerdasan interpersonal perawat dengan tingkat kepuasan pasien di ruang rawat inap Rumah Sakit Umum Aminah Blitar. Penelitian ini menggunakan metode kuantitatif dengan pendekatan crossectional-study. Responden dalam penelitian ini berjumlah 82 yang terdiri dari 32 perawat dan 50 pasien dengan teknik total sampling. Hasilnya didapatkan sebagian besar perawat memiliki tingkat kecerdasan interpersonal tinggi dan kepuasan pasien tinggi. Hasil uji statistik menggunakan uji korelasi Pearson didapatkan nilai signifikan 0,006 (p-value < 0,05) yang berarti terdapat hubungan. Hasil dari korelasi pearson didapatkan hasil 0,474 yang berarti variabel memiliki hubungan yang bersifat sedang. Hasil penelitian ini disimpulkan bahwa semakin tinggi tingkat kecerdasan interpersonal maka semakin tinggi tingkat kepuasan pasien. Disarankan kepada perawat untuk senantiasa meningkatkan kemampuannya terutama kecerdasan sosial, karena dapat meningkatkan kepuasan pasien.

English Abstract

Interpersonal intelligence is a person's capacity to understand the intentions, wants and motivations of others. In practice, interpersonal intelligence affects the occurrence of interpersonal communication. Interpersonal communication is the process of exchanging information between someone who can know the response directly. Interpersonal communication that occurs in hospitals is between patients and nurses. Good communication between patients and nurses will result in patient satisfaction. The higher the patient's satisfaction, the higher the quality of service in the hospital because patient satisfaction is a measure of service quality. The purpose of this study was to analyze the relationship between the level of interpersonal intelligence of nurses with the level of patient satisfaction in the inpatient room of the Aminah Blitar General Hospital. This study uses a quantitative method with a crossectional-study approach. Respondents in this study amounted to 82 consisting of 32 nurses and 50 patients with total sampling technique. The result is that most nurses have high levels of interpersonal intelligence and high patient satisfaction. The results of statistical tests using the Pearson correlation test obtained a significant value of 0.006 (p-value <0.05) which means there is a relationship. The results of Pearson correlation are 0.474 which means the variable has a moderate relationship. The results of this study concluded that the higher the level of interpersonal intelligence, the higher the level of patient satisfaction. It is recommended to nurses to always improve their abilities, especially social intelligence, because it can improve patient satisfaction

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/51/051909108
Uncontrolled Keywords: Tingkat Kecerdasan Interpersonal, Kepuasan, Perawat, Pasien, Interpersonal Intelligence Level, satisfication, Nurse, Patient
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.6 Organizations, management; group practice; medical personnel and relationships > 610.69 Medical personal and relationships
Divisions: Fakultas Kedokteran > Ilmu Keperawatan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:29
Last Modified: 19 Oct 2021 03:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175553
[thumbnail of Fajar Irwansyah.pdf]
Preview
Text
Fajar Irwansyah.pdf

Download (6MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item