A Survey Study on Reading Strategies Used by The First Year Students of SMA Negeri 1 Gending Probolinggo

Diniya, Masrojatud (2019) A Survey Study on Reading Strategies Used by The First Year Students of SMA Negeri 1 Gending Probolinggo. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

. Membaca adalah salah satu ketrampilan yang penting dalam mempelajari Bahasa Inggris. Dalam membaca, siswa harus menggunakan strategi membaca untuk membantu siswa dalam memahami apa yang sedang mereka baca. Strategi membaca memiliki dampak yang baik karena dapat membantu siswa untuk mengatasi permasalahan-permasalahan dalam membaca dan membantu siswa untuk belajar dengan lebih mudah, lebih cepat, lebih mudah dipahami. Tujuan dari penelitian ini adalah mengetahui strategi membaca yang paling sering digunakan oleh siswa SMA Negeri 1 Gending. Penelitian ini adalah penelitian jenis survey yang menggunakan kuesioner yang diadaptasi dari Sheorey dan Mokhtari (2002). Kuesioner ini terdiri dari 30 pernyataan. Terdapat tiga kategori strategi membaca pada kuesioner ini yang terdiri atas strategi membaca global, strategi membaca untuk menyelesaikan masalah dan strategi membaca dengan menggunakan alat pendukung. Kuesioner pada penelitian ini didistribusikan kepada 115 siswa IPA. Untuk menghitung rata-rata, peneliti menggunakan Microsoft Excel 2010. Hasil dari penelitian menunjukkan bahwa siswa menggunakan ketiga strategi membaca. Berdasarkan basil perhitungan, diperoleh rata-rata 3.56 untuk strategi global reading, 3.75 untuk strategi membaca yang ditujukan untuk menyelesaikan masalah dan 3.63 untuk strategi membaca dengan menggunakan alat pendukung. Kategori strategi membaca yang digunakan untuk menyelesaikan permasalahan membaca memperoleh rata-rata yang paling tinggi dibandingkan dengan kedua kategori strategi membaca lainnya. Selain itu, peneliti menemukan bahwa strategi membaca ulang untuk meningkatkan pemahaman menjadi strategi yang paling sering digunakan oleh siswa dengan rata-rata mencapai 4.21. Berdasarkan hasil penelitian ini, peneliti memberi saran kepada guru bahasa Inggris untuk mendukung siswa untuk tetap menggunakan strategi membaca untuk membantu siswa yang memiliki kemampuan membaca dengan kategori sedang atau rendah. Guru juga dapat menyesuaikan aktivitas akademik pada proses pembelajaran dengan mengacu pada hasil penelitian ini. Selain itu peneliti selanjutnya bisa meneliti strategi membaca pada siswa dengan memperhatikan latar belakang yang lain dan menemukan factor-faktor yang menyebabkan siswa menggunakan strategi membaca yang berbeda-beda.

English Abstract

. Reading is one of important skills in English. In reading, students should have reading strategies to help in understanding what they read. Reading strategies have good impact because they help students to overcome reading problems and make learning easier, faster, and more transferrable. This study aimed at finding out reading strategies mostly used by students in SMA Negeri 1 Gending. This is a survey research using questionnaire adapted from Sheorey and Mokhtary (2002) as the instrument. The questionnaire consists of 30 close-ended statements. There are three categorization of reading strategies in the questionnaire that are global reading strategies (GLOB), problem solving strategies (PROB) and support strategies (SUPP). The questionnaire was administered to 115 science students. Microsoft Excel 2010 was used to calculate the mean of the data obtained from the respondents. The finding of this study reveals that the students are high users of three reading strategies. The mean of global reading strategies reached 3.56, problem solving strategies 3.75 and support strategies 3.63. From the three reading strategies, problem solving strategies earned the highest mean among other reading strategies. The researcher also found that reading strategy mostly used by students is rereading strategy to improve understanding (M=4.21). Based on the findings, the researcher suggests the English teacher to keep supporting students to be aware of reading strategy use and help students who are reported as medium level reading strategy use. Furthermore, teacher can adjust the academic activities with the finding of this study to enhance educational achievement. For further researcher, they can consider other characteristics concerning background and factors that create different reading strategy use in their research.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/182/051908745
Uncontrolled Keywords: reading strategies, siswa EFL, SMA Negeri 1 Gending-reading strategies, EFL students, SMA Negeri 1 Gending
Subjects: 400 Language > 418 Standard usage (Prescriptive linguistics) > 418.4 Reading
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 07 Oct 2020 09:42
Last Modified: 10 Jan 2022 04:46
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175517
[thumbnail of 155110507111012_COVER + DAFTAR ISI.pdf]
Preview
Text
155110507111012_COVER + DAFTAR ISI.pdf

Download (128kB) | Preview
[thumbnail of 155110507111012_BAB 2.pdf]
Preview
Text
155110507111012_BAB 2.pdf

Download (181kB) | Preview
[thumbnail of 155110507111012_BAB 1.pdf]
Preview
Text
155110507111012_BAB 1.pdf

Download (144kB) | Preview
[thumbnail of 155110507111012_BAB 5.pdf]
Preview
Text
155110507111012_BAB 5.pdf

Download (98kB) | Preview
[thumbnail of 155110507111012_BAB 4.pdf]
Preview
Text
155110507111012_BAB 4.pdf

Download (159kB) | Preview
[thumbnail of 155110507111012_BAB 3.pdf]
Preview
Text
155110507111012_BAB 3.pdf

Download (227kB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item