Karakteristik Sapirambon Di Desa Kemiren Kabupaten Banyuwangi

-, Suroso (2019) Karakteristik Sapirambon Di Desa Kemiren Kabupaten Banyuwangi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Sapi lokal di Indonesia terdiri dari beberapa jenis antara lain sapi Bali dan sapi Madura. Sapi Rambon sebagai salah satu sapi lokal hasil persilangan kedua sapi tersebut dan sapi Brahman maupun PO, tergolong masuk menajdi sapi lokal yang perlu diperhatikan dan diperhatikan peluangnya sebagai salah satu sapi potong di Indonesia. Oleh karena itu, merupakan hal penting untuk memperkenalkan salah satu sapi lokal yang mana masyarakat Indonesia bahkan masyarakat Banyuwangi sendiri kurang mengenal apa itu sapi Rambon. Dalam upaya pengenalan tersebut, untuk itu perlu dilakukan pengamatan karakteristik (Fenotif Kuantitatif seperti Tinggi pundak, panjang badan dan lingkar dada) dan juga performan reproduksi sapi Rambon berdasarkan Service per Conception (S/C), Days Open (DO) dan Calving Interval (CI) agar kita mengetahui produktifitasnya. Tujuan dari penelitianini adalah untuk mendeskripsikan karakteristik dan mengetahui status reproduksi sapi Rambon sebagai salah satu sapi lokal Indonesia yang berada di Desa Kemiren Kabupaten Banyuwangi. Penelitian dilaksanakan di Desa Kemiren Kecamatan Glagah Kabupaten Banyuwangi, selama kurang lebih 1 bulan dimulai pada Oktober 2017 sampai dengan November 2017. Materi yang digunakan dalam penelitian ini adalah 80 ekor sapi Rambon dari responden sebanyak 26 orang vpeternak yang di Desa Kemiren.metode yang digunakan adalah Snowball Sampling dengan melakukan tanya jawab terhadap pemilik Sapi Rambon. Pengambilan data kualitatif sapi Rambon dilakukan dengan pengamatan visual meliputi warna tubuh, warna ekor, serta pengamatan fisik lainnya. Pengambilan data kuantitatif meliputi tinggi badan, panjang badan dan lingkar dada dilakukan dengan pengukuran menggunakan pita ukur dan tongkat ukur. Hasil penelitian mendapatkan 80 ekor sapi Rambon di Desa Kemiren terdiri dari 38,75% sapi Rambon jantan, 61,25% sapi Rambon betina. Rata-rata tinggi badan sapi Rambon 122,80 cm, rata-rata panjang badan sapi Rambon 123,33 cm dan rata-rata lingkar dada sapi Rambon 153,20 cm. Kemiripan didapatkan pada kelompok umur 3 tahun sampai dengan 4 tahun. Rata-rata S/C sapi Rambon di Desa Kemiren berkisar pada 1,31 sampai dengan 4,5 pada kelompok umur sapi antara 2 sampai 5 tahun. Rata-rata DO berkisar antara 87-134 pada kelompok umur 2 sampai dengan 5 tahun. Hasil Calving Interval berkisar antara 370-408 hari dan kelompok umur pertama dan kedua masuk dalam kategori Calving Interval yang cukup efisien. Berdasarkan dari hasil penelitian, dapat disimpulkan bahwa sapi Rambon jantan dewasa tergolong pada kelas ke III berdasarkan SNI sapi Bali dan sapi Madura, Hal tersebut terjadi karena sapi Rambon sudah mengalami persilangan dan sudah beradaptasi dengan daerah yg ditempati, sedangkan sapi Rambon betina terdapat nilai SC, DO dan CI yang tinggi, hal tersebut terjadi karena faktor umur sapi Rambon yang sudah tua.

English Abstract

The study was conducted at the Kemiren Village in Galagah Distric Banyuwangi Regency from October to November 2017. The purpose of this study was to determine the QualitativeCharacteristics (Body Height, Body Length and Chest Circle), QuantitativeCharacteristics (Body Colour, Horn, Feet colour, Buttock Colour) and Reproductive Status (SC, CI and DO). The materials used was 80 Ramboncattles in the Kemiren village at the age of 1-5 years. The method used is snowball sampling by interview to farmers about the Rambon cattle they had, physical measuring and visual observation.Majority of Rambon has dominant body color as grey, brown to red and black. The results showed that the average Body Height, Body Lenght and Chest Circle in adult Rambon cattle was from 122,48-142,33 cm, 124,05-151,97 cm and 158,73-189,93 cm. These results were classified as 3rd class based on SNI for Madura cattle and 2nd class based on SNI of Bali cattle.The ivreproductive status of adult female Rambon cattle has an average value of SC as 1,19±0,44; Days open as 92,16±14,49 days and Calving Interval 373±18,33 days.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FAPET/2019/76/051909842
Uncontrolled Keywords: Rambon Cattle, Chest Cicrcle, Body Length, Body Height
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 636 Animal husbandry > 636.2 Cattle and related animals > 636.208 2 Cattle and related animals (Breeding)
Divisions: Fakultas Peternakan > Peternakan
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 14 Aug 2020 06:04
Last Modified: 24 Oct 2021 08:41
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175506
[thumbnail of Suroso (2).pdf]
Preview
Text
Suroso (2).pdf

Download (1MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item