Analisis Peran Gender Tokoh Kinoshita Hideyoshi Dalam Anime Baka To Tesuto To Shoukanjuu Musim 1, 2 dan OVA 1 Baka to Tesuto to Shoukanjuu Matsuri Karya Inoue Kenji

Ardiansyah, Reza Samarattungga (2019) Analisis Peran Gender Tokoh Kinoshita Hideyoshi Dalam Anime Baka To Tesuto To Shoukanjuu Musim 1, 2 dan OVA 1 Baka to Tesuto to Shoukanjuu Matsuri Karya Inoue Kenji. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menganalisa mengenai peran gender yang terdapat pada tokoh Kinoshita Hideyoshi. Peran gender adalah bentuk isolasi tingkah laku sejak lahir menurut jenis kelamin yang sesuai dengan standar masyarakat yang dapat diterima sebagai maskulin atau feminin. Hal tersebut tergambar dalam anime Baka to Tesuto to Shoukanjuu karya Inoue Kenji yang dirilis tahun 2010 dan 2011. Anime tersebut menceritakan tentang penggambaran tokoh Kinoshita Hideyoshi yang menyerupai wanita dan membuat orang-orang disekitarnya salah paham. Teori yang digunakan untuk menganalisa peran gender dari tokoh Kinoshita Hideyoshi adalah teori Klasifikasi Gender oleh Sandra Bem dan Japanese Gender Role Index oleh Sugihara dan Katsurada serta teori Anime oleh Brenner sebagai teori pendukung. Penelitian ini merupakan penelitian kualitatif dengan metode diskriptif analisis. Hasil penelitian yang didapatkan oleh peneliti menunjukan bahwa tokoh Kinoshita Hideyoshi memiliki peran gender androgini karena memiliki perbedaan unsur maskulin dan feminin sebesar satu poin. Penulis menemukan empat unsur maskulin dan lima unsur feminin yang ditemukan dalam tokoh Kinoshita Hideyoshi. Unsur maskulin tersebut yaitu punya keinginan kuat, punya pandangan luas, pemberani, dan dipercaya oleh orang lain. Unsur femininnya yaitu polos, punya pesona, perhatian kepada kebutuhan orang lain, tenang dan rapi.

Other obstract

この研究は木下秀吉にあるジェンダー役割についての分析である。ジ ェンダー役割は、性別に従う出生からの行動の隔離の一形態であって、男 性や女性として受け入られることができる地域社会の基準に関する。この 事象は井上堅二の2010年と2011年に上映したアニメ「バカとテス トと召喚獣」に基づいた。このアニメは女性の恰好と女性に似ている木下 秀吉が周りの人を誤解される木下秀吉の描写についての話である。 木下秀吉のジェンダー役割を分析する理論はサンドラ・ベムのジェン ダー分類の理論と杉原と桂田の日本人の性役割指標である。また、詳しく 解析するために筆者はブレンナーのアニメの理論も使用した。この研究は 記述分析法により定性的の研究である。 この研究により解析の結果は、男性と女性の要素が一点差があるので、 木下秀吉はアンドロジニーのジェンダー役割を持っている。筆者は木下秀 吉で四つの男性的な要素と五つの女性的な要素を見つけた。男性的な要素 は強い意志、広い視野を持つ、度胸がある、頼られる。そして、女性的な 要素は無邪気、魅力がある、他人の必要性に気を配る、平静、そして楚々 である。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/254/051908712
Uncontrolled Keywords: Gender, Peran Gender, Klasifikasi Gender, Japanese Gender Role Index.
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 808 Rhetoric and collections of literary texts from more than two literatures > 808.8 Collections of literary texts from more than two literatures > 808.83 Collections of fiction > 808.830 952 Collections of fiction (Japan)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Oct 2020 05:33
Last Modified: 24 Mar 2023 04:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175488
[thumbnail of Reza Samarattungga Ardiansyah.pdf] Text
Reza Samarattungga Ardiansyah.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item