Oposisi Biner Aktivitas Perang Dalam Anime Shoujo Shuumatsu Ryokou Karya Tsukumizu (Kajian Dekonstruksi oleh Jacques Derrida)

Suci, Nurani Sekar (2019) Oposisi Biner Aktivitas Perang Dalam Anime Shoujo Shuumatsu Ryokou Karya Tsukumizu (Kajian Dekonstruksi oleh Jacques Derrida). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perang adalah salah satu cara manusia mempertahankan diri dan hal tersebut masih terjadi hingga saat ini. Pada dunia sastra, tema perang dibahas untuk merekam sejarah, memberikan gambaran tentang perang dan nilai moral. Anime Shoujo Shuumatsu Ryokou Karya Tsukumizu merupakan salah satu karya sastra yang mengangkat tema peperangan. Anime ini membawa kepada interpretasi lain terkait perang pada masa post-war dengan mendekonstruksi oposisi biner. Dekonstruksi milik Jacques Derrida pada oposisi biner perang inilah sebagai tema pembahasan dalam penelitian ini. Rumusan masalah yang dibahas pada penelitian ini adalah bagaimana anime Shoujo Shuumatsu Ryokou menghasilkan bentuk – bentuk oposisi biner untuk memberikan interpretasi baru pada perang. Penelitian ini menggunakan teori Dekonstruksi dari Jacques Derrida untuk menemukan oposisi biner dalam tahap dekonstruksi dengan metode deskriptif kualitatif. Hasil dari proses analisis dekonstruksi dengan menemukan enam bentuk oposisi biner untuk memberikan makna baru pada perang yaitu kehadiran dan ketidakhadiran, optimisme dan pesimisme, ketakutan dan keberanian, melupakan dan megingat, mati dan hidup, dan destruktif dan konstruktif.

Other obstract

戦争は脅威から身を守るための人間的な方法の一つである。そしてそ のこが今日もなお続いています。文学では戦争のテーマは歴史を記録する ために議論されています。そして、戦争の道徳的価値観を提供である。つ くみずのアニメ『少女週末旅行』は戦争のテーマを論じる文学作品の一つ である。このアニメは二元反対の脱構築で戦争の解釈の違いに繋がる。そ の研究の議論の内容は戦争の二元反対がJacques Derrida の脱構築で考えま した。 この研究の問題はどのような『少女週末旅行』が二元反対の形新しい 意味をつけるかである。この研究で使う理論はJacques Derrida の脱構築 二元反対を見つけるとうにである。そして、その結果を脱構築の記述定性 的で説明した。 その研究の結果は二元反対の六つの形態を見つけるとして新しい意味の戦 争を連れる。その二元的な反対は存在と不在、楽観主義と悲観主義、恐怖 と勇気、忘却と記憶、死ぬと生き、そして破壊的と建設的である。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/264/051908722
Uncontrolled Keywords: Dekonstruksi, Oposisi Biner, Perang, Sastra Perang
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 808 Rhetoric and collections of literary texts from more than two literatures > 808.8 Collections of literary texts from more than two literatures > 808.83 Collections of fiction > 808.830 952 Collections of fiction (Japan)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Oct 2020 11:40
Last Modified: 06 May 2024 01:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175390
[thumbnail of Nurani Sekar Suci.pdf] Text
Nurani Sekar Suci.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item