Pengaruh Kualitas Pelayanan Farmasi Klinik Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Kota Mataram.

Fitriana, Dian Abril (2019) Pengaruh Kualitas Pelayanan Farmasi Klinik Terhadap Tingkat Kepuasan Pasien Rawat Jalan Di Puskesmas Kota Mataram. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Kualitas pelayanan merupakan bentuk aktivitas yang dilakukan dan diberikan oleh tenaga kesehatan untuk memenuhi harapan dan keinginan pasien. Kualitas pelayanan farmasi meliputi pengkajian resep, pelayanan informasi obat, konseling, pemantauan efek samping obat, pemantauan terapi obat, dan evaluasi penggunaan obat. Keenam faktor tersebut nantinya yang akan berpengaruh terhadap tingkat kepuasan dari pasien. Oleh karena itu penting dilakukan penelitian terkait pengaruh kualitas pelayanan farmasi klinik terhadap tingkat kepuasan pasien rawat jalan di puskesmas Kota Mataram yang diukur melalui dimensi bukti langsung, kehandalan, daya tanggap, kenyamanan, dan perhatian dari pasien. Pada penelitian ini metode yang digunakan ialah observasional dengan pendekatan cross sectional. Penelitian ini menggunakan kuesioner terkait tingkat kepuasan pasien rawat jalan dan kualitas pelayanan farmasi. Jumlah responden yang terlibat dalam penelitian ini sebanyak 62 orang. Metode pengukuran responden menggunakan purposive sampling. Hasil dari penelitian didapatkan melalui pengukuran kualitas pelayanan farmasi dan kualitas kepuasan pasien rawat jalan. Pada penelitian ini uji korelasi yang digunakan ialah uji spearman. Didapatkan nilai signifikansi pada hasil sebesar 0,000 (p < 0,05) yang menunjukkan bahwa antara kualitas pelayanan farmasi klinik dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan menunjukkan hubungan yang signifikan. Kesimpulan dari penelitian ini terdapat hubungan yang signifikan dengan tingkat korelasi yang sedang antara kualitas pelayanan farmasi klinik dengan tingkat kepuasan pasien rawat jalan dengan faktor yang paling dominan terkait kualitas pelayanan farmasi terletak pada dimensi pengkajian resep, penyerahan obat, dan pemberian informasi obat. Sementara itu, faktor yang paling dominan terhadap kepuasan pasien terletak pada dimensi bukti langsung (tangibles).

English Abstract

Quality of service is a form of activity that is done and given by health practitioner to fulfill the expectations and wishes of patients. The quality of pharmaceutical services include prescription assessment, drug information services, counseling, drug side effects monitoring, drug therapy monitoring, and drug use evaluation. Affect the level of satisfaction of the patient. It is therefore important to conduct a research related correlation between clinical pharmacy service quality and patient satisfaction on ambulatory care of Mataram primary healt center. Which was measured through the dimensions of direct evidence, reliability, responsiveness, comfort, and Patient's attention. In this study, the method used was observational with a cross sectional approach carried out with direct variable measurements at the time with a questionnaire related to an outpatient satisfaction rate and pharmaceutical service quality with Sample of 62 respondents using the purposive sampling method. The results of research were obtained through the measurement of pharmaceutical service quality and the quality of outpatient satisfaction. In this study the correlation test used was the Spearman's test. Obtained a significance value of 0,000 (P < 0.05) indicating that the quality of the clinical pharmaceutical Service with an outpatient satisfaction rate showed a significant relationship. The conclusion of this research there is a significant relationship with the level of correlation between the quality of clinical pharmaceutical services with an outpatient satisfaction rate with the most dominant factors related to quality of service The pharmacy is located at the dimension of prescription assessment, delivery of drugs and the provision of drug information. While the most dominant factor towards patient satisfaction lies in the direct evidence dimension (tangibles).

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/228/051909306
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Farmasi, Puskesmas, Tingkat Kepuasan Pasien, Pharmaceutical Service Quality, Primary Health Center, Patient Satisfaction Rate
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 610 Medicine and health > 610.7 Education, research, nursing, services of allied health personnel > 610.73 Nursing and services of allied health personnel
Divisions: Fakultas Kedokteran > Farmasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 26 Aug 2020 04:27
Last Modified: 22 Oct 2021 02:53
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175378
[thumbnail of Dian Abril Fitriana.pdf]
Preview
Text
Dian Abril Fitriana.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item