Evaluasi Dampak Lalu Lintas Dengan Ptv Vissim (Studi Kasus : Kawasan Prevab, Samarinda)

Adani, Sakila Herfiana Silmy (2019) Evaluasi Dampak Lalu Lintas Dengan Ptv Vissim (Studi Kasus : Kawasan Prevab, Samarinda). Magister thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Peningkatan jumlah penduduk suatu kota tiap tahunnya akan meningkatkan aktifitas dan kebutuhan terhadap beberapa fasilitas, seperti gedung perkantoran. Salah satu contohnya, Pembangunan Kantor Dinas Pendidikan dan Kebudayaan Kota Samarinda pada Kawasan Prevab, pembangunan ini menimbulkan dampak lalu lintas karena gedung tersebut tidak menyediakan parkir yang cukup, sehingga pegawai dan tamu kantor menggunakan bahu jalan sebagai lahan parkir. Peningkatan aktifitas juga menyebabkan jumlah pedagang kaki lima dan pertokoan pada bahu jalan tersebut meningkat. Pada studi ini didapatkan hasil bahwa terjadi penurunan kinerja ruas jalan Biola akibat adanya aktivitas Kantor tersebut pada hari kerja dengan tingkat pelayanan C (DS 0,473) , sementara pada kinerja simpang kondisi masih normal DS 0,37 dengan tundaan sebesar 8,6 dtk/smp. Kinerja lalu lintas 5 tahun mendatang diprediksikan dengan angka pertumbuhan sebesar i= 9,566% dan didapatkan kinerja ruas jalan Biola menurun dengan Tingkat Pelayanan D dan DS 0,69. Selanjutnya, dilakukan simulasi untuk mendapatkan gambaran kondisi di lapangan untuk kedua kondisi menggunakan PTV Vissim dengan kalibrasi terhadap beberapa parameter serta validasi terhadap volume kendaraan dan panjang antrian. Berdasarkan permasalahan yang terjadi, didapatkan rekomendasi penanganan yang tepat yaitu, pemindahan pedagang kaki lima menuju kantin kantor, pelebaran jalan, serta penyediaan lahan parkir sebanyak 72 petak parkir untuk mobil dan 175 petak parkir sehingga didapatkan perbaikan kinerja Ruas Jalan Biola dengan nilai tingkat pelayanan C dan DS sebesar 0,41.

English Abstract

Increasing the population of a city every year will increase the activities and needs of several facilities, such as office buildings. for example, the Development of education and culture office in the Prevab Area, this development has a traffic effect because the building does not provide sufficient parking, so employees and office visitors use the shoulder of the road as a parking lot. Increased activity also caused the number of street vendors and shops on the shoulders to increase. In this study, the results showed that there was a decrease in the performance of the Biola road section due to the Office's activities on weekdays with service level C (DS 0.473), while at the intersection performance conditions were still normal DS 0.37 with a delay of 8.6 sec/smp. Traffic performance for the next 5 years is predicted with a growth rate of i = 9.566% and the performance of the Biola road will decrease with Service Level D and DS 0.69. Next, a simulation is performed to get a picture of the conditions in the field for both conditions using PTV Vissim with calibration of several parameters and validation of vehicle volume and queue length. Based on the problems that occur, recommendations for proper handling are obtained, namely the relocation of street vendors to the office canteen, road widening, as well as the provision of parking lots as many as 72 parking lots for cars and 175 parking lots in order to obtain performance improvements in the Biola road Section with service level C and DS of 0.41.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Magister)
Identification Number: TES/388.31/ADA/e/2019/041909762
Uncontrolled Keywords: TRAFFIC FLOW -- EVALUATION
Subjects: 300 Social sciences > 388 Transportation > 388.3 Vehicular transportation > 388.31 Traffic flow and maintenance
Divisions: S2/S3 > Doktor Teknik Sipil, Fakultas Teknik
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 12 Nov 2019 06:58
Last Modified: 12 Nov 2019 06:58
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175360
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item