Analisis Reduplikasi Bahasa Mandarin Dalam Novel 秒速五厘米Miǎosù Wǔ Límǐ/ 5 Centimeters Per Second Bab 1 Karya新海诚 Xīnhǎi Chéng (Makoto Shinkai)

Siregar, Fina Rosa (2019) Analisis Reduplikasi Bahasa Mandarin Dalam Novel 秒速五厘米Miǎosù Wǔ Límǐ/ 5 Centimeters Per Second Bab 1 Karya新海诚 Xīnhǎi Chéng (Makoto Shinkai). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Morfologi adalah bagian linguistik yang memperlajari morfem serta menganalisis struktur, bentuk dan klasifikasi kata. Dalam bahasa Mandarin terdapat tiga jenis morfem yaitu morfem bebas, morfem terikat, dan mordem setengah bebas. Salah satu proses morfemis adalah proses reduplikasi. Reduplikasi dalam penelitian yaitu : reduplikasi kata benda, reduplikasi kata bantu bilangan, reduplikasi kata kerja, dan reduplikasi kata sifat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mendeskripsikan jenis-jenis dan pola-pola reduplikasi morfemis pada novel 秒速五厘米Miǎosù Wǔ Límǐ. Penelitian ini termasuk dalam penelitian kualitatif dengan menggunakan metode deskriptif. Hasil temuan dalam penelitian ini terdapat 68 data temuan reduplikasi, meliputi reduplikasi yang terdiri atas satu suku kata yaitu pada AA, A一A, dan A了A, serta reduplikasi yang terdiri atas dua suku kata yaitu pada AABB dan ABAB.

Other obstract

形态学是研究形态和分析词的结构、形式和分类的语言部分。普通话中有三种类型的形态,即自由形态、粘结形态和半自由形态。标志图过程之一是重复的过程。在这项研究中有四个重叠式事分别是:名词重叠、量词重叠、动词重叠与形容词重叠。这项研究的目的是描述秒速五厘米中汉语重叠的类型与形态。本研究使用的研究方法是定性描述性研究。本研究结果发现68个重复,分别是由AA、A-A与A了A单音节以及由AABB与ABAB双音节组成的重复。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/282/051908782
Uncontrolled Keywords: morfem, morfologi, reduplikasi
Subjects: 400 Language > 401 Philosophy and theory; international languages > 401.4 Communication; semantics, pragmatics, languages for special purposes > 401.41 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Cina
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:41
Last Modified: 13 Oct 2023 02:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175308
[thumbnail of Fina Rosa Siregar.pdf] Text
Fina Rosa Siregar.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item