Pengaruh Pemberian Ekstrak Etanol Kulit Apel Manalagi (Malus sylvestris Mill) Dalam Mencegah Peningkatan Kadar Malondialdehyde (MDA) Plasenta Tikus (Rattus Norvegicus) Bunting Yang Dipapar Asap Rokok.

Hapsari, Nova Dewi Kusuma (2019) Pengaruh Pemberian Ekstrak Etanol Kulit Apel Manalagi (Malus sylvestris Mill) Dalam Mencegah Peningkatan Kadar Malondialdehyde (MDA) Plasenta Tikus (Rattus Norvegicus) Bunting Yang Dipapar Asap Rokok. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Prevalensi perokok yang semakin meningkat juga akan meningkatkan paparan asap rokok. Asap rokok merupakan sumber radikal bebas yang dapat berpengaruh terhadap kesehatan. Paparan asap rokok juga berbahaya untuk ibu yang sedang hamil. Tujuan: untuk membuktikan bahwa ekstrak etanol kulit apel manalagi dapat mencegah peningkatan MDA plasenta tikus bunting yang dipapar asap rokok. Metode: Penelitian ini menggunakan desain Randomized Post Test Only Control Group Design, dengan cara membandingkan kadar MDA antar kelompok. Sampel dibagi menjadi 3 kelompok yang diberi perlakuan dan 2 kelompok sebagai kontrol. Kelompok kontrol negatif (K-) adalah tikus bunting tidak dipapar asap rokok dan tanpa diberi perlakuan ekstrak etanol kulit apel. Sedangkan kelompok kontrol positif (K+) adalah tikus yang bunting yang diberi perlakuan paparan asap rokok dan tanpa diberikan perlakuan ekstrak kulit apel. Kelompok perlakuan yaitu tikus bunting yang dipapar asap rokok dengan pemberian ekstrak etanol kulit apel dengan 3 dosis berbeda (P1=7; P2=14; P3=28 mg/kgBB/hari) selama 13 hari. Perlakuan dan pemaparan asap rokok diberikan pada hari ke 6-18 kebuntingan. Analisis data menggunakan uji One Way Anova dan dilanjutkan Post Hoc kemudian dengan korelasi Pearson. Hasil dari penelitian ini menunjukkan bahwa kadar MDA plasenta di kelompok K+ lebih besar jika dibandingkan dengan kelompok lain. K- berbeda secara signifikan dengan K+, P1 dan P2. P3 lebih rendah dibandingkan K+ secara signifikan, namun tidak berbeda secara bermakna dengan K-. Kesimpulan: Penelitian ini menghasilkan dosis yang efektif ekstrak etanol kulit apel manalagi dalam mencegah peningkatan kadar MDA adalah 28 mg/KgBB/hari.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FK/2019/175/051909342
Uncontrolled Keywords: asap rokok, ekstrak etanol kulit apel, MDA, tikus bunting,
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 615 Pharmacology and therapeutics > 615.1 Drugs (materia medica) > 615.107 24 Experimental research
Divisions: Fakultas Kedokteran > Kebidanan
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Jul 2020 04:46
Last Modified: 14 Mar 2022 02:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175302
[thumbnail of Nova Dewi Kusuma Hapsari.pdf]
Preview
Text
Nova Dewi Kusuma Hapsari.pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item