Akbar, Faiz Hisyam (2019) Exploring Students’ Writing Strategies in Essay Writing Class. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Menulis adalah keterampilan produktif yang dianggap sebagai keterampilan sulit bagi siswa Bahasa Inggris sebagai Bahasa Asing (EFL). Para siswa EFL membutuhkan strategi untuk mengatasi masalah secara tertulis. Banyak penelitian telah meneliti strategi penulisan dalam konteks ESL. Namun, sangat sedikit penelitian yang meneliti strategi menulis oleh mahasiswa dalam konteks pembelajaran bahasa asing. Mempertimbangkan alasan itu, peneliti melakukan survei dalam konteks EFL untuk memperkaya studi. Itulah sebabnya peneliti melakukan penelitian saat ini pada mahasiswa tahun kedua sarjana di kelas menulis esai, Departemen Pendidikan Bahasa Inggris, Universitas Brawijaya. Penelitian ini membahas tentang strategi menulis yang paling banyak digunakan oleh siswa. Strategi penulisan di sini didasarkan pada kuesioner Inventarisasi Strategi Menulis Bahasa Inggris (EWSI) yang dikembangkan oleh Hwang & Lee (2017). Penelitian ini dilakukan dengan menggunakan metode kuantitatif, desain survei dan kuesioner EWSI sebagai instrumen. Ada total 126 kuesioner yang direspon oleh siswa di kelas menulis esai. Dalam menganalisis data, peneliti menggunakan SPSS versi 23. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa gaya belajar dominan sebelum menulis adalah membuat tujuan menulis dan menghasilkan ide dengan bahan bacaan. Saat menulis, gaya yang dominan memeriksa alur logis melalui paragraf. Dalam setelah menulis, gaya belajar yang dominan adalah meninjau tulisan untuk mencari dan memperbaiki kesalahan tata bahasa. Menghafal ekspresi bahasa Inggris di film atau buku adalah gaya belajar yang dominan untuk meningkatkan keterampilan menulis bahasa Inggris. Sebagian besar siswa menunjukkan frekuensi tinggi penggunaan strategi di setiap kategori. Oleh karena itu, dapat disimpulkan bahwa kecenderungan siswa untuk menggunakan EWSI dikategorikan tinggi. Meskipun demikian, mahasiswa masih perlu didorong dan dibimbing oleh dosen untuk memaksimalkan penggunaan strategi untuk meningkatkan tulisan mereka. Penulis menyarankan para peneliti selanjutnya untuk mengembangkan penelitian ini dengan menggunakan wawancara atau tes kemampuan menulis dan melakukan penelitian di tingkat penulisan berikutnya seperti penulisan akademik.
English Abstract
Writing is a productive skill which is considered as the difficult skills for English as Foreign Language (EFL) students. The EFL students need a strategy to overcome the problems in writing. Many studies had examined writing strategies in ESL context. However, very few studies examined writing strategies by university students within foreign language learning contexts. Considering that reason, the researcher conducts a survey in EFL context to enrich the studies. That is why the researcher conducts this current research on the second year students of undergraduate in essay writing class, English Language Education Department, Universitas Brawijaya. This study discussed about the writing strategies mostly used by the students. The writing strategies here are based on the English Writing Strategies Inventory (EWSI) questionnaire developed by Hwang & Lee (2017). This study was conducted by using quantitative method, survey design and EWSI questionnaire as the instruments. There were a total of 126 questionnaires responded by the students in essay writing class. In analyzing data, the researcher used SPSS version 23. The result of this study shows that the predominant learning style in before writing are making the purpose of writing and generating ideas by reading materials. While in when writing, the predominant style is checking the logical flow through paragraph. In after writing, the predominant learning style is reviewing the writing to look for and correct grammatical errors. Memorizing the English expression on movies or books is the predominant learning style in to improve English writing skill. Most of students show a high frequency of strategy use in each category. Therefore, it can be concluded that the tendency of students to use EWSI is categorized as high. Nevertheless, students still need to be encouraged and guidance by the lecturer to maximize the use of strategies to improve their writing. The writer suggests the next researchers to develop this study by using interview or test writing proficiency and conduct a research in next level of writing such as academic writing.
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FIB/2019/204/051908767 |
Uncontrolled Keywords: | Menulis Esai, Strategi Menulis, Inventarisasi Strategi Menulis Bahasa Inggris (EWSI)-Essay Writing, Writing Strategy, English Writing Strategy Inventory (EWSI) |
Subjects: | 400 Language > 421 Writing system, phonology, phonetics of standard English |
Divisions: | Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris |
Depositing User: | soegeng sugeng |
Date Deposited: | 06 Oct 2020 17:23 |
Last Modified: | 06 Oct 2020 17:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175269 |
Actions (login required)
![]() |
View Item |