Upaya Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Tulungagung Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Air Bersih.

Nugroho, Yuwanto (2019) Upaya Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM) Kabupaten Tulungagung Dalam Meningkatkan Kualitas Pelayanan Air Bersih. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pelayanan publik merupakan tanggung jawab pemerintah dan dilaksanakan oleh instansi pemerintah, baik itu di pusat, dan di daerah. Pelayanan publik kepada masyarakat adalah salah satu tugas atau fungsi penting pemerintah dalam menyelenggarakan tugas-tugas pemerintahannya. Pelayanan publik merupakan unsur penting dalam penyelenggaraan pemerintahan karena menyangkut aspek kehidupan masyarakat. Penyelenggaraan pelayanan publik merupakan upaya negara untuk memenuhi kebutuhan dasar dan hak-hak setiap warga negara atas barang, jasa, dan pelayanan administrasi yang disediakan oleh penyelenggara pelayanan publik. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Penelitian ini dibatasi oleh 2 fokus penelitian yaitu upaya meningkatkan kualitas pelayanan air bersih yang dilakukan pada PDAM Kabupaten Tulungagung kualitas pelayanan air bersih berdasarkan dimensi SERVQUAL yang dikemukakan oleh Zeithaml. Serta faktor internal dan eksternal dalam upaya meningkatkan kualitas pelayanan air bersih. Data dikumpulkan melalui teknik wawancara, observasi, dan dokumentasi. Analisis data menggunakan Miles, Huberman, dan Saldana (2014) melalui tahap kondensasi data, penyajian data, dan penarikan kesimpulan. Berdasarkan hasil penelitian dan analisis data menunjukkan bahwa upaya yang dilakukan untuk meningkatkan kualitas pelayanan air bersih PDAM Kabupaten Tulungagung sudah berjalan baik. PDAM Kabupaten Tulungagung pada dasarnya sudah sesuai standar kualitas yang telah ditetapkan. Pembangunan fasilitas Instalasi Pengolahan Air (IPA) dan pengembangan jaringan menunjang tercapainya aspek kuantitas, kontinuitas, dan cakupan pelayanan air bersih. PDAM Kabupaten Tulungagung mampu mencapai surplus produksi air bersih dan dapat memenuhi kebutuhan pelanggan. Akan tetapi kontinuitas pelayanan air bersih belum berjalan secara maksimal yakni 24 jam. Nilai NRW yang dimiliki oleh PDAM Kabupaten Tulungagung masih berada diatas standar yang ditetapkan. Diharapkan kedepannya mampu untuk membentuk DMA (District Meter Area) guna mengurangi nilai NRW dan mengatasi kebocoran dengan cepat. Serta pembuatan GIS (Geographic Information System) sehingga memudahkan pemantuan jaringan.

English Abstract

Public services are the responsibility of the government and carried out by government agencies, both at the center, and in the regions. Public service to the community is one of the important tasks or functions of the government in carrying out its government duties. Public service is an important element in the administration of government because it involves aspects of people's lives. The implementation of public services is a state effort to fulfill the basic needs and rights of every citizen for goods, services, and administrative services provided by public service providers. This research uses descriptive research with a qualitative approach. This study is limited by 2 research focuses, namely efforts to improve the quality of clean water services carried out at the Tulungagung District PDAM, the quality of clean water services based on the SERVQUAL dimension proposed by Zeithaml. As well as internal and external factors in an effort to improve the quality of clean water services. Data collected through interview techniques, observation, and documentation. Data analysis used Miles, Huberman, and Saldana (2014) through the stages of data condensation, data presentation, and drawing conclusions. Based on the results of research and data analysis shows that the efforts made to improve the quality of clean water services in the Tulungagung District PDAM have been going well. PDAM Tulungagung Regency is basically in accordance with established quality standards. Construction of water treatment facilities (IPA) and network development support the achievement of aspects of quantity, continuity, and coverage of clean water services. PDAM Tulungagung Regency is able to achieve a surplus of clean water production and can meet customer needs. However, continuity of clean water services has not been running optimally which is 24 hours. NRW value owned by PDAM Tulungagung Regency is still above the x standard set. It is expected that in the future it will be able to form a DMA (District Meter Area) in order to reduce NRW values and overcome leaks quickly. And the making of GIS (Geographic Information System) so as to facilitate monitoring of the network.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/631/051909497
Uncontrolled Keywords: Kualitas Pelayanan Publik, Pertumbuhan Penduduk, Perusahaan Daerah Air Minum (PDAM)
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 651 Office services > 651.9 Office services in specific kinds of enterprises
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Nov 2020 02:44
Last Modified: 11 Nov 2020 02:44
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175233
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item