Pemberdayaan Masyarakat dalam PerspektifCommunity Based Tourism (CBT) (Studi Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengembangan Kawasan Desa Wisata di Desa Pujonkidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang)

Nining, Desy Ayu (2019) Pemberdayaan Masyarakat dalam PerspektifCommunity Based Tourism (CBT) (Studi Pemberdayaan Masyarakat melalui Pengembangan Kawasan Desa Wisata di Desa Pujonkidul, Kecamatan Pujon, Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pemberdayaan Masyarakat dalam perspektifCommunity Based Tourism yaitu melibatkan masyarakat lokal dalam hal perencanaan, pelaksanaan, dan pengawasan program-program wisata.Keterlibatan masyarakat disini guna indentifikasi masalah dan juga potens pengembangan yang dijadikan dasar untuk masa mendatang. Pada dasarnya dalam pengembangannya masyarakat bukan lagi menjadi objek melainkan sebagai subjek yang terlibat langsung. Tujuan dari penelitian ini adalah mendeskripsikanbagaimanakah pemberdayaan masyarakat dalam pengembangan desa wisata di Desa Pujonkidul, Kabupaten Malang dengan prespektif Community Based Tourism (CBT). Jenis Penelitian yang digunakan dalam skripsi ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kabupaten Malang, sedangkan situsnya berada di Desa Pujonkidul. Informan pada penelitian ini adalah dengan pihak-pihak yang terkait dengan pemberdayaan masyrakat di desa wisata Pujonkidul.Teknik pengumpulan data melalui observasi, wawancara dan dokumentasi. Hasil analisa dan pembahasan data yang diperoleh dari hasil penelitian dan observasi penelitian terkait Pemberdayaan masayarakat dalam pengembangan desa wisata di desa Pujonkidul dengan prespekitf Community Based Tourism dilakukan dengan beberapa cara, yaitu: 1) Pengembangan, penguatan, dan peran sumber daya manusia desa wisata. 2) Penguatan akses dan kesempatan berusaha dengan kekuatan modal sosial. 3) Pengembangan partisipasi masyarakat dalam penguatan sadar wisata.

English Abstract

Community Empowerment in the perspective of Community Based Tourism is to involve local communities in the planning, implementation and supervision of tourism programs. Community involvement is here to identify problems and also the potential for development to be the basis for the future. Basically in its development the community is no longer an object but as a subject directly involved. The purpose of this study is to describe how community empowerment in developing tourism villages in Pujonkidul Village, Malang Regency with the perspective of Community Based Tourism (CBT). The type of research used in this paper is descriptive research with a qualitative approach located in Malang Regency, while the site is in Pujonkidul Village. The informants in this study were those involved in empowering the community in the tourist village of Pujonkidul. The technique of collecting data through observation, interviews and documentation. The results of the analysis and discussion of data obtained from the results of research and observation related to community empowerment in the development of tourism villages in Pujonkidul village with the Community Based Tourism prespective were conducted in several ways, namely: 1) Development, strengthening, and role of tourism village human resources. 2) Strengthening access and business opportunities with the power of social capital. 3) Development of community participation in strengthening tourism awareness.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/620/051908896
Uncontrolled Keywords: Pemberdayaan Masyarakat, Community Based Tourism
Subjects: 300 Social sciences > 338 Production > 338.4 Secondary industries and services > 338.47 Services and specific products > 338.479 1 Services and specific products (Geography and travel)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:40
Last Modified: 05 Aug 2020 07:40
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175225
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item