Penerapan Electronic Musrenbang Dalam Perencanaan Pembangunan (Studi Pada Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya)

Astarina, Susi (2019) Penerapan Electronic Musrenbang Dalam Perencanaan Pembangunan (Studi Pada Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk mendeskripsikan dan menganalisis penerapan E-musrenbang dalam perencanaan Pembangunan di Kota Surabaya. Teori yang digunakan dalam penelitian ini adalah E-Government, Perencanaan Pembangunan, dan E-Musrenbang yang digunakan untuk menganalisis dan mendeskripsikan bagaimana penerapan e-musrenbang di Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya. Jenis penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan menggunakan pendekatan kuantitatif. Lokasi yang dipilih adalah Badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya. Variabel yang digunakan adalah Support, capacity, dan value. Skala yang digunakan dalam penelitian ini adalah skala likert. Populasi yang dipilih dalam penelitian ini adalah Pegawai badan Perencanaan Pembangunan Kota Surabaya, dengan pengambilan sampel menggunakan metode Simple Random Sampling dengan jumlah sampel ditentukan menggunakan teori Stephen dan William B. Michael. Jenis data yang digunakan adalah data primer dan data sekunder. Metode pengumpulan data yang digunakan adalah kuisioner dan dokumentasi. Analisis data menggunakan analisis kuantitatif deskriptif dan analisis kecenderungan memusat. Hasil penelitian menunjukan bahwa penerapan E-Musrenbang dalam Perencanaan Pembangunan di Kota Surabaya menunjukan telah diterapkan dengan baik. Dari elemen Support, penerapan E-musrenbang telah mendapatkan dukungan dari berbagai aspek yang dibutuhkan. Dari elemen Capacity, kapasitas dalam e-musrenbang telah terpenuhi dengan baik dalam segi keuangan, sumber daya manusia dan sumber daya teknologi informasi. Dari elemen Value, manfaat e-musrenbang bisa dirasakan oleh pemerintah maupun masyarakat. Saran penelitian ini adalah perlu adanya operator khusus e-musrenbang dari Bappeko dan perlu adanya peningkatan sarana internet.

English Abstract

The Purpose of this research are to describe and analyze the implementation of e-musrenbang in developent planning agency of Surabaya City. The research used electronic government theory, development planning theory, and electronic musrenbang theory. The research focuses on the problem: how e-musrenbang is implemented on Development Planning Agency in Surabaya City? The research used descriptive research with the quantitative approach located in Development Planning Agency of Surabaya city. The variables that used are Support, Capacity, and Value. The scale that uses in the research is the likert scale. The population on this research is the employees of Development Planning Agency of Surabaya City, the sampling method used simple random sampling method with the number of the samples determined using the theory of Stephen and William B. Michael. Data collection is conducted using questionnaire and dicumentation. Data analysis is conducted using descriptive quantitative analysis and central tendency analysis. The results show that: the implementation of e-musrenbang on defelopment planning agency of Surabaya City showed that it was well implemented. From the Support element, the implementation of e-musrenbang has recived support from various aspects needed. From the capacity element, the capacity in e-musrenbang has been well fulfilled in terms of finance, human resource, and technology and information resorces. From the value element, the benefits of e-musrenbang can be perceived by the government and the citizen. The advice that can be given form this research are the need for special unit of e-musrenbang operators in Bappeko and the needs for improvement on internet facilities.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/661/051909611
Uncontrolled Keywords: E-musrenbang, Perencanaan Pembangunan
Subjects: 300 Social sciences > 351 Public administration > 351.598 Public administration (Indonesia)
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Nov 2020 03:01
Last Modified: 17 Mar 2022 03:00
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175188
[thumbnail of Susi Astarina (2).pdf]
Preview
Text
Susi Astarina (2).pdf

Download (5MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item