Inovasi Pelayanan Publik BUMN (Studi Tentang Inovasi Penjualan Tiket Kereta Api Komuter PT. Kereta Api Indonesia di Stasiun Gubeng Surabaya)

Anarki, Alicya Cika (2019) Inovasi Pelayanan Publik BUMN (Studi Tentang Inovasi Penjualan Tiket Kereta Api Komuter PT. Kereta Api Indonesia di Stasiun Gubeng Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Aplikasi KAI Access merupakan sebuah inovasi baru dari pelayanan publik di bidang perkeretaapian. Sebagai sebuah inovasi pelayanan di sektor publik, layanan aplikasi KAI Access ini memberikan pelayanan penjualan tiket kereta api di seluruh Indonesia. Aplikasi KAI Access ini di-upgrade oleh pihak PT Kereta Api Indonesia dalam pengaksesan penjualan tiket kereta api jarak dekat dan penjualan tiket kereta api komuter tidak hanya penjualan tiket kereta api jarak jauh yang sudah diterapkan lebih dahulu. Tujuan penelitian ini mengetahui, mendeskripsikan, dan menganalisis inovasi pelayanan publik BUMN melalui penjualan tiket kereta api komuter yang diterapkan di salah satu stasiun kereta api Gubeng Kota Surabaya. Penelitian ini adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang dibatasi oleh dua fokus penelitian yaitu (1) inovasi pelayanan publik BUMN (Inovasi pelayanan dalam penjualan tiket kereta api komuter), (2) faktor pendukung dan penghambat dalam inovasi pelayanan publik BUMN melalui pelayanan penjualan tiket kereta api komuter. Analisis data yang digunakan adalah analisis data model interaktif Miles Huberman dan Saldana dengan tahapan pengumpulan data, kondensasi data, penyajian data, dan menarik kesimpulan atau verifikasi. Berdasarkan hasil penelitian yang dilakukan, inovasi pelayanan publik BUMN melalui Penjualan Tiket Kereta Api Komuter memenuhi aspek inovasi metode pelayanan. Hal ini dapat dilihat dari perubahan baru dalam hal berinteraksi dengan pengguna kereta api komuter atau cara baru dalam memberikan pelayanan yang telah oleh PT Kereta Api Indonesia dengan meng-upgrade pengaksesan aplikasi KAI Access. Adanya aplikasi KAI Accees ini tidak lepas dari proses inovasi di dalamnya. Tahap awal dari sebuah inovasi diawali dengan sebuah kebutuhan dan adanya masalah dalam masyarakat yang menjadi latar belakang dari munculnya inovasi dan dikembangkan melalui riset dasar dan aplikasi serta dilanjutkan dengan pengembangan, komersialisasi, difusi dan adopsi, serta sampai pada tahap akhir yaitu konsekuensi. Faktor pendukung meliputi adanya karyawan yang terdidik, budaya organisasi dalam internal organisasiserta orientasi kerja yang terukur. Faktor penghambat meliputi adanya banyaknya organisasi lain yang menciptakan chanel sendiri yang membuat muncul persaingan aplikasi yang diciptakan oleh organisasi itu sendiri. Saran yang dapat diberikan adalah aplikasi KAI Access memiliki keterbatasan pengaksesan pada beberapa wilayah atau kota untuk bisa menggunakan aplikasi ini dalam penjualan tiket kereta api jarak dekat dan kereta api komuter. Dengan begitu vi inovasi aplikasi KAI Access ini dapat dikatakan belum maksimal. Serta pada pengguna kereta api masih ada pengecualian untuk tidak diperbolehkan menggunakan aplikasi KAI Access yaitu pada anggota TNI dan Lansia akan lebih baik penerapan aplikasi KAI Access dilakukan semaksimal mungkin dan menyeluruh.

English Abstract

KAI Access application is a new innovation of public services in the field of railways. As a public service in the public sector, the KAI Access application service provides train ticket services throughout Indonesia. The KAI Access application was upgraded by PT Kereta Api Indonesia in accessing not only short-distance train ticket sales but also commuter train ticket sales for long-distance train ticket sales that have been used first. The purpose of this research is to understand, describe, and analyze the innovation BUMN public services through the sale of commuter train tickets that are implemented at Gubeng railway stations in Surabaya. This research is a descriptive study with a qualitative approach which is limited by two research focuses, namely (1) public service innovation (service innovation in commuter train ticket sales), (2) supporting and inhibiting factors in BUMN public service innovation through train ticket sales services commuter train. The data analysis used is Miles Huberman and Saldana's interactive model data analysis with the stages of data collection, data condensation, data presentation, and drawing conclusions or verification. Based on the results of research conducted, BUMN public service innovation through the sale of Commuter Train Tickets meets the aspects of service method innovation. This can be seen from the new changes in terms of interacting with commuter train users or new ways of providing services that have been provided by PT Kereta Api Indonesia by upgrading the access of KAI Access application. The existence of the KAI Access application is inseparable from the innovation process in it. The initial stage of an innovation begins with a need and a problem in society that is the background of the emergence of innovation and is developed through basic research and application and continues with the development, commercialization, diffusion and adoption, and until the final stage, namely the consequences. Supporting factors include the presence of educated employees, organizational culture within the organization and measured work orientation. The obstacle or inhibiting factor includes the number of other organizations that create their own channels which rise competition applications that are created by the organization itself. The advice that can be given is the KAI Access application has limited access to some regions or cities to be able to use this application in the sale of short-distance train and commuter train tickets. So that, the KAI Access application innovation can be said to be not optimal. Moreover, in the case of train users there are still exceptions to not being allowed to use the KAI Access application, namely for members of the TNI and the Elderly it would be better to implement the KAI Access application as fully and as thoroughly as possible.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/660/051909610
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pelayanan Publik, Aplikasi KAI Access
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 651 Office services > 651.9 Office services in specific kinds of enterprises
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Nov 2020 02:49
Last Modified: 18 Nov 2022 03:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175187
[thumbnail of Alicya Cika Anarki (2).pdf] Text
Alicya Cika Anarki (2).pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item