Penerapan Inovasi Pelayanan Informasi Berkas Pada Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Malang (Study Pada Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Malang)

Paramita S, Adelia Ratna (2019) Penerapan Inovasi Pelayanan Informasi Berkas Pada Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Malang (Study Pada Kantor Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Untuk menciptakan pelayanan yang efisien dan untuk menyelesaikan permasalahan terkait lambatnya pelayanan publik, kantor Badan Pertanahan Nasional, menyediakan inovasi yaitu layanan Informasi Berkas yang dapat diakses oleh masyarakat. Tujuan penelitian ini adalah untuk mengetahui, mendeskripsikan dan menganalisis penerapan inovasi pelayanan informasi berkas, serta mendeskripsikan dan menganalisis faktor pendukung dan penghambat dari informasi tersebut. Penelitian ini menggunakan jenis penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif yang berlokasi di Kabupeten Malang, sedangkan situsnya berada di Badan Pertanahan Nasional Kabupaten Malang. Sumber datanya primer diperoleh dari beberapa wawancara dari informan yang berkaitan, sedangkan data sekundernya diperoleh dari dokumen-dokumen yang berhubungan dengan tema tersebut. Teknik pengumpulan data melalui wawancara, observasi, dan dokumentasi. Sedangkan instrumen penelitiannya adalah peneliti sendiri, dan beberapa alat penunjang seperti pedoman wawancara, dan alat bantu lainnya. Hasil penelitian menunjukkan bahwa pelayanan inovasi Informasi Berkas merupakan sebuah bentuk inovasi yang digunakan untuk melakukan tracking atau melacak berkas sertifikat tanah agar bisa terlihat informasi posisi dan status berkas yang ingin diketahui oleh masyarakat. Kemunculan inovasi tersebut ditujukan untuk mempermudah pegawai dalam memberikan pelayanan yang prima kepada masyarakat. Perbedaan yang signifikan dari system pelayanan ini terletak pada mekanisme pencarian berkas yang dahulu dilakukan secara manual dan masyarakat tidak bisa mengakses. Adanya inovasi ini memungkinkan akses masyarakat yang lebih transparansi dan tidak membutuhkan waktu yang lama.Dengan begitu penerapan Inovasi Informasi berkas telah sesuai dengan tujuan yang diharapka. Faktor pendukung dari inovasi pelayanan informasi berkas adalah kepemimpinan yang mendukung, pegawai yang terdidik dan terlatih, inovasi yang mudah digunakan dan budaya organisasi. Sedangkan faktor penghambat dari inovasi ini kurangnya penguasaan teknologi informasi, selain itu kendala masyarakat umum yang masih enggan untuk mengenal dan mempelajari inovasi baru ini.

English Abstract

To create efficient services and to solve problems related to the slow public service, the office of the National Land Agency, provides innovation, namely File Information services that can be accessed by the public. The purpose of this study was to find out, describe and analyze the application of information file innovation, as well as describe and analyze the supporting and inhibiting factors of the information. This study uses a descriptive type of research with a qualitative approach located in Malang Regency, while the site is in the Malang Regency National Land Agency. The primary data source is obtained from several interviews from related informants, while the secondary data is obtained from documents related to the theme. Techniques for collecting data through interviews, observation, and documentation. While the research instruments are the researchers themselves, and several supporting tools such as interview guidelines, and other tools. The results of the study show that the File Information innovation service is a form of innovation that is used to track land certificate files so that information on the position and status of files that the community wants to see can be seen. The emergence of these innovations is intended to facilitate employees in providing excellent service to the community. The significant difference from this service system lies in the file search mechanism which was previously done manually and the community cannot access it. With this innovation, it is possible to access more transparent and less time-consuming communities. The supporting factor of file information service innovation is supportive leadership, educated and trained employees, easy-to-use innovations and organizational culture. While the inhibiting factor of this innovation is the lack of mastery of information technology, in addition to the constraints of the general public who are still reluctant to recognize and learn about this new innovation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/674/051909681
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Pelayanan, Informasi Berkas
Subjects: 300 Social sciences > 353 Specific fields of public administration
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Publik / Negara
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 11 Nov 2020 02:49
Last Modified: 11 Nov 2020 02:49
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175184
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item