Pengaruh Inovasi GO-PAY terhadap Keputusan Penggunaan GO-JEK (Survei pada Mahasiswa Fakultas Administrasi Universitas Brawijaya Malang Angkatan 2015/2016 dan 2016/2017 Pengguna GO-JEK Malang).

Simarmata, Ledwin Julius Caesar (2019) Pengaruh Inovasi GO-PAY terhadap Keputusan Penggunaan GO-JEK (Survei pada Mahasiswa Fakultas Administrasi Universitas Brawijaya Malang Angkatan 2015/2016 dan 2016/2017 Pengguna GO-JEK Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk: 1) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Keunggulan Relatif (X1), Kesesuaian (X2), Kompleksitas (X3), Kemampuan Percobaan (X4), dan Kemampuan Diamati (X5) secara simultan terhadap Keputusan Penggunaan (Y). 2) Mengetahui dan menjelaskan pengaruh variabel Keunggulan Relatif (X1), Kesesuaian (X2), Kompleksitas (X3), Kemampuan Percobaan(X4), dan Kemampuan Diamati (X5) secara parsial terhadap Keputusan Penggunaan (Y). Penelitian ini menggunakan jenis penelitian eksplanasi (explanatory research) dengan pendekatan kuantitatif. Variabel yang digunakan dalam penelitian ini ada enam, yaitu Keunggulan Relatif (X1), Kesesuaian (X2), Kompleksitas (X3), Kemampuan Percobaan (X4), dan Kemampuan Diamati (X5) dan Keputusan Penggunaan (Y). Pengumpulan data diperoleh melalui penyebaran kuesioner secara langsung pada Mahasiswa Fakultas Ilmu Administrasi Universitas Brawijaya Malang Angkatan 2015/2016 dan 2016/2017 Pengguna GO-JEK Malang. Sampel yang digunakan dalam penelitian ini berjumlah 116 orang responden. Teknik pengambilan sampel yang digunakan adalah purposive sampling. Analisis data yang digunakan adalah analisis deskriptif dan analisis linier berganda. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa variabel Keunggulan Relatif (X1), Kesesuaian (X2), Kompleksitas (X3), Kemampuan Percobaan (X4), dan Kemampuan Diamati (X5) berpengaruh secara simultan dan signifikan terhadap Keputusan Penggunaan (Y), kemudian variabel Keunggulan Relatif (X1), Kesesuaian (X2), Kompleksitas (X3), Kemampuan Percobaan (X4), dan Kemampuan Diamati (X5) berpengaruh secara parsial dan signifikan terhadap Keputusan Penggunaan (Y). Berdasarkan hasil penelitian ini, sebaiknya PT.GOJEK dengan inovasinya mempertahankan dan mengembangkan Keunggulan Relatif, Kesesuaian, Kompleksitas, Kemampuan Percobaan, dan Kemampuan Diamati yang telah dilakukan untuk semakin memperkuat keputusan penggunaan.

English Abstract

This research aims to explain: 1) The influence and explain of variables Relative Advantage (X1), Compability (X2), Complexity (X3), Trialability (X4), and Observability (X5) simultaneously to Usage Decision (Y). 2) The influence and explain of variables Relative Advantage (X1), Compability (X2), Complexity (X3), Trialability (X4), and Observability (X5) partially to Usage Decision (Y). This research use explanatory research with quantitive approach. The variables used in this study are six: Relative Advantage (X1), Compability (X2), Complexity (X3), Trialability (X4), and Observability (X5) and Usage Decision (Y). Data collection is obtained through the spreading of questionnaires directly on the College Student of Faculty of Administrative Science Malang Brawijaya University 2015/2016 and 2016/2017 GO-JEK Malang User. The sample used in this study amounted to 116 respondents. The sampling technique used is purposive sampling. The data analysis use descriptive analysis and multiple linear regression. The results of this study indicate that variables Relative Advantage (X1), Compability (X2), Complexity (X3), Trialability (X4), and Observability (X5) simultaneously and significantly affect Usage Decision (Y), then the variables Relative Advantage (X1), Compability (X2), Complexity (X3), Trialability (X4), and Observability (X5) partially and significantly affect Usage Decision (Y). Based on the results of this research, it’s good for PT.GOJEK with its innovations to maintain and develop the Relative Advantage (X1), Compability (X2), Complexity (X3), Trialability (X4), and Observability (X5) that have been done to further strengthen the decision of use.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/679/051909743
Uncontrolled Keywords: Inovasi, Karakteristik Inovasi, Keputusan Penggunaan
Subjects: 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.8 Managemet of marketing
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Aug 2020 07:06
Last Modified: 10 Aug 2020 07:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175170
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item