Oposisi Biner Citra Perempuan Tokoh Junko dan Kaori dalam Drama 5 ji Kara 9 ji Made: Watashi ni Koishita Ikemen Sugiru Obousan Karya Sutradara Shin Hirano

Aryawati, Berliani (2019) Oposisi Biner Citra Perempuan Tokoh Junko dan Kaori dalam Drama 5 ji Kara 9 ji Made: Watashi ni Koishita Ikemen Sugiru Obousan Karya Sutradara Shin Hirano. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dari zaman ke zaman, perempuan di Jepang terus mengalami perubahan dari hanya mengerjakan pekerjaan rumah, kemudian mulai bekerja di luar rumah. Perubahan ini terjadi karena masuknya budaya barat ke Jepang. Masuknya budaya barat mengubah konstruksi dan standar kecantikan Jepang. Fenomena ini kemudian banyak digambarkan dalam drama. Salah satunya 5 ji kara 9 ji made:Watashi ni Koishita Ikemen Sugiru Obousan. Skripsi ini meneliti citra perempuan tokoh Junko dan Kaori dan bagaimana bentuk oposisi biner citra perempuan kedua tokoh dalam drama 5 ji kara 9 ji made:Watashi ni Koishita Ikemen Sugiru Obousan. Junko merupakan representasi dari perempuan modern sedangkan Kaori adalah representasi dari perempuan tradisional. Penelitian ini menggunakan teori dekonstruksi Jacques Derrida dan citra perempuan Jepang. Metode penelitian yang digunakan adalah metode kualitatif deskriptif. Hasil penelitian ini adalah diketahui empat oposisi biner, yakni penampilan tradisional dan modern, pandai dan payah dalam pekerjaan rumah tangga, akrab dan asing dengan etikat dan tata krama, dan menikah karena cinta dan dijodohkan. Baik tokoh Junko dan Kaori memiliki sisi perempuan tradisional dan sisi perempuan modern dalam diri mereka, maka dari itu oposisi biner antara kedua tokoh adalah setara. Tidak ada yang lebih superior maupun inferior.

Other obstract

昔の時代から今まで、日本女性はどんどん変わっている。昔、女性は家 で働き、今はもう外で働くことになる。この変化は日本に入った西洋文化 に影響される。日本に入った西洋文化は日本の女性の構造、美容規格も変 えた。このような現象はドラマによく作り替えていく。例えば、『5時か ら9じまで:私に恋したイケメンすぎるお坊さん』のドラマだ。 この本研究は『5時から9時まで:私に恋したイケメンすぎるお坊さ ん』で潤子とかおりの女性イメージを研究して、二人の女性イメージの二 項対立を研究する。潤子は現代女性のイメージ、かおりは伝統的な女性の イメージだ。理論はジャック・デリダの脱構築と日本女性を使う。調査方 法は記述的定性的調査方法を使う。 結果は4つの二項対立が発見した。それは伝統的な外観と近代的な外観、 家事が上手と家事が下手、常識が上手と常識が下手、愛のために結婚し、 取り決められた結婚のために結婚する。潤子とかおりの中に伝統的な女性 的側面と現代的な女性的側面を持っているので、二人の二項対立は等しい。 一流ものと二流ものがないことが分かった。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/214/051908672
Uncontrolled Keywords: Oposisi biner, Citra perempuan, Dekonstruksi
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 808 Rhetoric and collections of literary texts from more than two literatures > 808.8 Collections of literary texts from more than two literatures > 808.83 Collections of fiction > 808.830 952 Collections of fiction (Japan)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 26 Oct 2020 14:43
Last Modified: 24 Mar 2023 04:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175155
[thumbnail of Berliani Aryawati.pdf] Text
Berliani Aryawati.pdf

Download (4MB)

Actions (login required)

View Item View Item