Meaning Construction by Online Mass Media on Racism about Mesut Ozil Resignation: Critical Discourse Analysis

-, Mahfira (2019) Meaning Construction by Online Mass Media on Racism about Mesut Ozil Resignation: Critical Discourse Analysis. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Dalam studi ini, pembahasan berhubungan dengan isu-isu terkait rasisme yang tergambar dalam artikel berita tentang pengunduran diri Mesut Ozil dari Tim Sepak Bola Nasional Jerman karena perlakuan rasisme. Rasisme adalah diskriminasi terhadap seseorang dari ras yang berbeda berdasarkan keyakinan bahwa ras lain lebih unggul. Pembentukan makna rasisme berkaitan dengan halhal negatif karena berhubungan dengan ketidakadilan pada ras berbeda. Analisa Wacana Kritis dari Fairclough pada model tiga tingkatan analisis (1989) menjadi teori yang digunakan untuk menganalisis setiap artikel. Metode yang digunakan adalah pendekatan kualitatif. Data yang dikumpulkan berasal dari empat artikel, yaitu berasal dari CNN News dan The New York Times. Analisis dilakukan pada dua dari tiga aspek analisis wacana kritis yaitu konstruksi makna dan respon masyarakat. Konstruksi makna menggunakan analisis tekstual yang didasarkan pada kosa kata dan tata bahasa. Analisis kedua yaitu respon masyarakat yaitu analisis sosiokultural pada tingkat situasional, institusional dan societal. Secara total, ada 124 data dalam bentuk kata, frasa dan kalimat yang ditemukan. Pertama, konstruksi makna dalam artikel berita dari CNN News dan The New York Times menggunakan kata utama yaitu rasisme yang mengarah kepada nilai-nilai negatif yaitu tidak mengormati ras asli dari orang lain. Kedua, masalah ini dimulai ketika Ozil bertemu dengan presiden Turki dan berpose bersama di London. Kemudian Ozil mendapatkan perilaku tidak adil karena masyarakat menganggap hal ini terkait dengan kepentingan politik. Pada masalah ini, ada sebagian masyarakat yang memberikan dukungan sebagai tanggapan terhadap apa yang Ozil terima yaitu rasisme dari masyarakat dan media Jerman. Diharapkan kepada peneliti selanjutnya dapat melakukan analisa lebih dalam dan kritis ketika menganalisa analisis wacana kritis pada seluruh aspek yaitu analisa tekstual, analisa wacana dan analisa sosiokultural. Selain itu juga menggabungkan analisa wacana kritis dengan teori lain dalam linguistik ke bentuk yang berbeda.

English Abstract

This study discusses a racism -related issues depicted in news articles of Mesut Ozil resignation from German National Football Team. Racism is discrimination or antagonism directed against someone of a different race based on the believe that one’s own race is superior. Meaning construction of racism is related to negative values since it is more or less equivalent measurers to fight discrimination, especially on race. Fairclough’s 3D model of CDA (1989) was the theory used to analyze each article. Descriptive qualitative approach was employed to conduct the research. The data were collected from four articles in CNN News and The New York Times. The analysis was on two out of three aspects of critical discourse analysis, namely meaning construction and society responses. Meaning construction used textual analysis which was based on vocabulary and grammatical features. Then, society responses was sociocultural analysis on situational, institutional and societal levels. This study found 124 data in the form of words, phrases and sentences. First, the meaning construction in news articles from CNN News and The New York Times used the main word racism indicating negative value, since it disrespects people’s original race. Second, the issue was began when Ozil met Turkish president and posed together in London. Ozil got an unfair treatment because people assumed this was related to political party. From this issue, people were giving support as a response to Ozil who received racism from German people and media. It is recommended for next researchers to conduct a deeper and critical study by analyzing Critical discourse analysis on the whole aspect from textual analysis, discourse analysis and sociocultural analysis, as well as to combine critical discourse analysis with other theory in linguistics in different form.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/151/051908667
Uncontrolled Keywords: Artikel Berita, Analisis Wacana Kritis, Mesut Ozil, Rasisme,Pembentukan Makna-News article, Critical Discourse Analysis, Mesut Ozil, Racism, Meaning Construction
Subjects: 400 Language > 401 Philosophy and theory; international languages > 401.4 Communication; semantics, pragmatics, languages for special purposes > 401.41 Discourse analysis
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Inggris
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 23 Aug 2020 07:03
Last Modified: 13 Oct 2023 02:32
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175147
[thumbnail of Mahfira.pdf] Text
Mahfira.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item