Konflik Batin Pada Tokoh Shinichi Izumi dan Tokoh Migi dalam Anime Kiseijuu : Sei no Kakuritsu Karya Hitoshi Iwaaki

Asrori, Muhammad Basyir (2019) Konflik Batin Pada Tokoh Shinichi Izumi dan Tokoh Migi dalam Anime Kiseijuu : Sei no Kakuritsu Karya Hitoshi Iwaaki. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk 1) mendeskripsikan bentuk konflik batin yang dialami oleh tokoh Shinichi Izumi dan tokoh Migi dalam anime Kiseijuu: Sei no Kakuritsu; 2) mendeskripsikan faktor penyebab konflik batin yang dialami oleh tokoh Shinichi Izumi dan tokoh Migi sehingga mengubah kepribadian tokoh Shinichi Izumi dan tokoh Migi dalam anime Kiseijuu: Sei no Kakuritsu. Penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dan juga menggunakan pendekatan psikologi sastra yang mengacu pada teori konflik batin milik Kurt Lewin yang dikemukakan pada tahun 1935. Hasil dari penelitian ini dapat diketahui bahwa, tokoh Shinichi Izumi yang merupakan tokoh antagonis mengalami dua bentuk konflik batin, yaitu konflik mendekat-menjauh dan konflik menjauh-menjauh yang disebabkan oleh faktor biologis dan faktor temporal sehingga mengubah kepribadian tokoh Shinichi Izumi yang pada awalnya memiliki sifat penakut menjadi sifat pemberani. Sedangkan, tokoh Migi yang merupakan tokoh antagonis, mengalami bentuk konflik batin mendekat-mennjauh yang disebabkan oleh faktor biologis sehingga mengubah kepribadian tokoh Migi yang pada awalnya memiliki sifat tidak mempunyai rasa belas kasihan menjadi mempunyai rasa belas kasihan. Oleh karena itu, Tokoh Shinichi Izumi dan tokoh Migi saling mempengaruhi kepribadian mereka satu sama lain.

Other obstract

本研究の目的は、1)アニメ寄生獣 : セイの確率における新一泉とミギの内心葛藤の形状を説明する; 2)アニメ寄生獣 : セイの確率における新一泉とミギの内心葛藤の原因と性格の変化を説明する。本研究では心理文学の研究で分析する。詳しく分析するために筆者は1935年に発表されたカート・レウィンの内心葛藤の理論を使用した。 結果、主人公の新一泉は二つの内心葛藤の形状を持ってる。それは、アプローチ・アヴォイダンス内心葛藤とアプローチ・アプローチ内心葛藤。その内心葛藤の原因は生物学的とテンポラル(時)である。拮抗薬のミギにはただ一つの内心葛藤の形状を持ってる。それは、アプローチ・アヴォイダンス内心葛藤。その内心葛藤の原因は生物学的である。そして、新一泉とミギの性格はお互いに影響される。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/213/051908655
Uncontrolled Keywords: Kepribadian, Konflik, Konflik Batin, Psikologi Sastra.
Subjects: 800 Literature (Belles-letters) amd rhetorics > 808 Rhetoric and collections of literary texts from more than two literatures > 808.8 Collections of literary texts from more than two literatures > 808.83 Collections of fiction > 808.830 952 Collections of fiction (Japan)
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 21 Oct 2020 06:17
Last Modified: 06 Mar 2024 07:34
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175127
[thumbnail of Muhammad Basyir Asrori.pdf] Text
Muhammad Basyir Asrori.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item