Representasi Ideologi Patriarki Dalam Iklan Komersial Di Televisi (Analisis Semiotika John Fiske Pada Iklan Komersial Di Televisi)

Putri, Erdiana (2019) Representasi Ideologi Patriarki Dalam Iklan Komersial Di Televisi (Analisis Semiotika John Fiske Pada Iklan Komersial Di Televisi). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini menjelaskan tentang bagaimana ideologi patriarki digambarkan dalam sebuah iklan komersil yang ditayangkan ditelevisi Indonesia. Metode yang digunakan untuk melihat gambaran ideologi patriarki dalam iklan yaitu semiotika dengan model John Fiske. Pada penelitian ini menggunakan empat iklan komersial sebagai objek penelitian, iklan tersebut antara lain iklan Sariwangi versi berani bicara tahun 2017; Lifebuoy Bodywash versi lari-lari tahun 2017; Traveloka versi coba-coba tahun 2017; Allianz versi buka usaha martabak tahun 2017. Proses pemaknaan pesan melalui model semiotika John Fiske terbagi menjadi tiga level yaitu level realitas, representasi, dan ideologi. Melalui proses analisis semiotika John Fiske terhadap empat iklan yang menjadi objek penelitian maka ditemukan bahwa representasi ideologi patriarki yang terdapat dalam iklan komersil di Indonesia yaitu Kepala keluarga menduduki posisi tertinggi dalam keluarga sehingga ia adalah sebagai pemimpin dalam keluarga, oleh sebab itu ia harus bertanggung jawab terhadap keluarganya dalam aspek apapun. Kepala keluarga juga memiliki kuasa penuh terhadap anggota keluarga yang lain. Ketika terjadi suatu permasalahan dalam keluarga, maka kepala keluarga harus dapat memecahkannya karena ia adalah pemimpin.

English Abstract

patriarchal ideology in advertising is semiotics with the John Fiske model. In this study, using four commercial advertisements as the object of research, the advertisements included Sariwangi advertisements in the version of speech in 2017; Lifebuoy Bodywash run version of 2017; Traveloka trial version 2017; The Allianz version opens the Martabak business in 2017. The process of interpreting messages through the John Fiske semiotic model is divided into three levels, namely the level of reality, representation, and ideology. Through John Fiske's semiotic analysis process of the four advertisements which were the object of research, it was found that the patriarchal ideological representation contained in commercial advertisements in Indonesia, namely the head of the family occupying the highest position in the family so that he is the leader in the family, therefore he must be responsible for his family in any aspect. The head of the family also has full power over other family members. When a problem occurs in the family, the head of the family must be able to solve it because he is the leader.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/926/051909760
Uncontrolled Keywords: Ideologi Patriarki, Iklan Komersil, Semiotika, John Fiske. Patriarchal Ideology, Commercial Advertising, Semiotics, John Fiske.
Subjects: 300 Social sciences > 302 Social interaction > 302.2 Communication > 302.22 Kinds of communication > 302.222 Nonverbal communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 16 Oct 2020 15:35
Last Modified: 16 Oct 2020 15:35
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175093
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item