Analisis Faktor Determinan Pengungsi Suriah Bermigrasi Ke Australia Pada Tahun 2015

Ayudhia, Titania Larasati (2019) Analisis Faktor Determinan Pengungsi Suriah Bermigrasi Ke Australia Pada Tahun 2015. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Adanya migrasi internasional telah membuat kompleksitas isu migrasi internasional semakin banyak akan isu masyrakat internasional dalam melakukan migrasi, salah satunya bermigrasi sebagai pengungsi. Pengungsi merupakan isu Internasional yang saat ini marak sedang terjadi dengan populasi yang banyak. Pengungsi juga merupakan korban dari negaranya yang sedang dilanda konflik dan perang. Salah satu populasi terbanyak yang ada di dunia ini adalah pengungsi Suriah. Adanya konflik di Suriah membuat para penduduk Suriah memutuskan untuk melakukan migrasi. Perberdaan ideologi dan presepsi antar warga negara dengan pemerintah membuat konflik yang ada di Suriah semakin menjadi sejak tahun 2011 hingga tahun 2015. Sehingga dalam hal ini, pengungsi Suriah memutuskan melakukan migrasi internasional ke negara – negara di Eropa dan juga negara Australia. Sejak terjadinya konflik pada tahun 2011 Australia telah menerima pengungsi Suriah, namun pada tahun 2015 jumlah pengungsi Suriah yang masuk ke Australia semakin bertambah. Jarak antara Suriah dengan Australia tidak menjadikan halangan bagi pengungsi Suriah untuk melakukan migrasi ke Australia. Selain dari pada itu biaya yang diperlukan untuk melakukan migrasi dari Suriah menuju Australia tidaklah sedikit hingga para pengungsi bersedia untuk bertaruh nyawanya hanya untuk mendapatkan Suaka ke Australia. Dalam penelitian ini penulis menggunakan teori jaringan yang dipelopori oleh Roel Jennissen. Dalam melihat faktor determinan pengungsi Suriah melakukan migrasi ke Australia terdapat dua variable yang dapat mengukur hal tersebut yang diantaranya yang pertama yakni faktor society, yang dimana hal ini melihat pada indikator kebudayaan, kondisi sosial dan juga dmografik dari pengungsi suriah; dan faktor yang kedua adalah faktor ekonomi yang dapat diukur melalui pendapatan negara, peluang lapangan pekerjaan yang sedikit serta melihat human capital yang ada di Suriah. Maka dalam hal ini teori tersebut dijadikan sebagai alat dalam mencari faktor dominan para pengungsi Suriah dalam bermigrasi ke Australia pada tahun 2015.

English Abstract

The existence of international migration has made the complexity of the issue of international migration increasingly adding to which the international community in carrying out migration, one of which is migrating as a refugee. Refugees are an international issue that is currently rife with a large population. Refugees are also victims of their country that is being hit by conflict and war. One of the largest populations of refugees in the world is Syrian refugees. The conflict in Syria made the Syrian population decided to migrate. The difference between ideology and perception between citizens and the government made the conflict in Syria became worst since 2011 to 2015. So in this case, Syrian refugees decided to migrate internationally to countries which is like Europe and also the possible one is Australia. Since the conflict in 2011 Australia has accepted Syrian refugees, but in 2015 the number of Syrian refugees entering Australia has increased. The distance between Syria and Australia does not create obstacles for Syrian refugees to migrate to Australia. Apart from that, the costs needed to migrate from Syria to Australia are not insignificant so that refugees are willing to bet their lives just to get Asylum to Australia. In this study, the authors use network theory pioneered by Roel Jennissen. In looking at the determinants of Syrian refugees migrating to Australia, there are two variables that can measure this, including the first, namely factor society, which looks at cultural indicators, social conditions and also the dmographics of Syrian refugees; and the second factor is economic factors that can be measured through state income, employment opportunities are few and look at human capital in Syria. So in this case the theory is used as a tool in finding the determinant factors of Syrian refugees in migrating to Australia in 2015.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/921/051909755
Uncontrolled Keywords: Pengungsi Suriah, Suriah, Australia, Migrasi, Faktor Ekonomi dan Faktor Society, Syrian refugees, Syria, Australia, Migration, Economic Factors and Society Factors
Subjects: 300 Social sciences > 304 Factors affecting social behavior > 304.8 Movement of people
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Hubungan Internasional
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 11 Oct 2020 14:27
Last Modified: 11 Oct 2020 14:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175082
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item