Hubungan Fungsi Pemahaman dan Kepuasan Sukarelawan di Pusat Studi dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya Malang

Aissifa, Radhin (2019) Hubungan Fungsi Pemahaman dan Kepuasan Sukarelawan di Pusat Studi dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini dilakukan untuk melihat apakah terdapat hubungan antara fungsi pemahaman dan kepuasan pada sukarelawan di Pusat Studi dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya Malang. Metode yang digunakan pada penelitian ini adalah kuantitatif korelasional.Variabel fungsi pemahaman diukur menggunakan skala Volunteer Function Inventory (VFI) dari yang memiliki 30 butir pernyataan. Variabel kepuasan diukur menggunakan Volunteer Satisfaction Index (VSI) yang memiliki 26 butir pernyataan. Peneliti melibatkan 65 responden yang berusia berusia 18 sampai 25 tahun dari seluruh sukarelawan yang tergabung di Pusat dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya. Hasil penelitian menunjukan terdapat hubungan positif yang signifikan antara fungsi pemahaman dan kepuasan dengan korelasi sebesar 0,74 dengan taraf signifikansi 0,00 (p>0,005). Hal tersebut menunjukkan semakin tinggi fungsi pemahaman seseorang maka semakin tinggi pula kepuasan pada sukarelawan.

English Abstract

The aim of this research is to investigate the correlation between understanding function and satisfaction among volunteer of Pusat Studi dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya Malang. This study was correlational study using quantitative approach. Understanding function measurement used Volunteer Function Inventory (FVI) that have 30 items. Satisfaction measurement used Volunteer Satisfaction Index (VSI) that have 26 items. Respondents of this research are 65 volunteer of Pusat Studi dan Layanan Disabilitas Universitas Brawijaya aged 18 to 25 years old. Finding shows that understanding function and satisfaction correlated by 0.74 with significant level of 0,000 (p>0,005). This means that higher the understanding function, the haigher satisfaction of volunteers.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/741/051908160
Uncontrolled Keywords: fungsi pemahaman, kepuasan, motivasi, sukarelawan, understanding function, satisfaction, motivation, volunteer
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence > 153.7 Perceptual processes
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 14 Oct 2020 11:27
Last Modified: 14 Oct 2020 11:27
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/175053
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item