Hubungan Antara Tipe Kelekatan Takut-Menghindar Dengan Kekerasan Dalam Berpacaran Pada Dewasa Awal

Budhi, Amalia Hanum Setia (2019) Hubungan Antara Tipe Kelekatan Takut-Menghindar Dengan Kekerasan Dalam Berpacaran Pada Dewasa Awal. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk melihat hubungan antara tipe kelekatan takut-menghindar dengan kekerasan dalam berpacaran pada dewasa awal. Desain penelitian yang digunakan adalah kuantitatif korelasional dengan teknik non-probability sampling. Pengambilan sampel menggunakan accidental sampling, subjek dalam penelitian ini adalah pria dan wanita yang berada di rentang usia 18-40 tahun dan sedang dalam hubungan berpacaran. Subjek berjumlah 199 subjek. Alat ukur yang digunakan yaitu adaptasi kuisioner The Relationships Scale Questionnaire (1991) dan The Revised Conflict Tactics Scales 2 (1996). Dari hasil analisis yang telah dilakukan, didapatkan besarnya nilai signifikansi yang diperoleh yaitu sebesar 0,189 > (0,05) Hal ini menunjukkan bahwa Ha ditolak, tidak ada hubungan yang signifikan antara tipe kelekatan takut-menghindar dengan kekerasan dalam berpacaran pada dewasa awal.

English Abstract

This research aimed to know the correlation between fearful-avoidant attachment style with dating violence in early adulthood. The method of this research is quantitative correlational with non-probability sampling and using accidental sampling. Subjects in this research are 199 adolescent aged 18-40 who is in romantic relationship. The scale used for measuring instrument are adaptation of The Relationship Scale Questionnaire (1991) and The Revised Conflict Tactics Scales 2 (1996). The conclusion of this research is significance value 0,189 > (0,05). It can be interpreted that Ha declined, there is no significant relationship between fearful-avoidant attachment style and dating violence in early adulthood.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/755/051908174
Uncontrolled Keywords: Dewasa awal, Kekerasan pacaran, Kelekatan, takut-menghindar, Attachment, dating violence, fearful-avoidant, early adulthood.
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 152 Sensory perception, movement, emotions, physiological drives > 152.4 Emotions
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 19 Oct 2020 15:30
Last Modified: 19 Oct 2020 15:30
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174905
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item