Hambatan Pelaksanaan Prinsip Kehati-Hatian Dalam Pemberian Pinjaman Koperasi (Studi Di Koperasi Setia Bhakti Wanita Surabaya)

Kresnanienalla, Ringgit Aprimitha (2019) Hambatan Pelaksanaan Prinsip Kehati-Hatian Dalam Pemberian Pinjaman Koperasi (Studi Di Koperasi Setia Bhakti Wanita Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini penulis mengangkat permasalahan mengenai Hambatan Pelaksanaan Prinsip Kehati-hatian dalam Pemberian Pinjaman Koperasi di Koperasi Setia Bhakti Wanita Surabaya. Pilihan tema tersebut dilatar belakangi karena dalam pemberian pinjaman di Koperasi Setia bhakti Wanita Surabaya belum optimal dalam menerapkan prinsip kehati-hatian dalam proses pemberian pinjaman. Tujuan penelitian ini untuk menganalisis penerapan prinsip kehatihatian dalam pemberian pinjaman koperasi, menganalisis hambatan-hambatan dalam penerapan prinsip kehati-hatian dalam pemberian pinjaman koperasi, serta menganalisis upaya untuk mengatasi hambatan-hambatan dalam penerapan prinsip kehati-hatian dalam pemberian pinjaman koperasi. Hasil penelitian yang diperoleh yaitu bahwa di Koperasi Setia Bhakti Wanita Surabaya dalam pelaksanaanya dalam pemberian pinjaman telah menerapkan prinsip kehati-hatian, akan tetapi pada kenyataanya di lapangan belum semuanya berjalan dengan baik. Sebab adanya hambatan dalam pelaksanaan dalam pemberian pinjaman koperasi yaitu peraturan mengenai prinsip kehati-hatian kurang lengkap, petugas koperasi mengabaiakan persyaratan, anggota koperasi yang melakukan pinjaman memberikan data yang kurang sesuai. Upaya untuk mengatasi hambatan tersebut yaitu pembuatan SOP koperasi yang lebih tegas dan jelas, memberikan pengarahan dan pembinaan kepada petugas survey dan calon peminjam, perlunya pengawasan yang lebih terhadap petugas survey dalam melaksanakan survey dan analisis data calon peminjam, dan calon peminjam diharap dapat bekerjasama dengan baik dengan pihak koperasi dengan memberikan data-data yang sesuai dan akurat.

English Abstract

The title of this research embarks from loan provision by Koperasi Setia Bhakti Wanita in Surabaya, where the implementation is not optimal especially in terms of applying precautionary principle in giving lending service. This research seeks to analyse the implementation of precautionary principle of the cooperative in providing loan, to analyse impeding factors in the implementation of the principle, and to analyse measures taken to settle the impeding factors in the implementation of the principle. The research found out that precautionary principle was implemented but it was not fully appropriate due to several factors that hampered the implementation, such as the fact that it was not implemented accordingly, the negligence of requirement by the cooperative, and irrelevant personal data of the cooperative members. As a reference to those impeding factors, standard operational procedure needs to be precisely and assertively reinforced. Moreover, more training also needs to be delivered for surveyors and applicants of the cooperative members; more control over the work of surveyors need to be delivered; the applicants are expected to be cooperative, in which personal data given must be relevant and accurate.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2019/357/051908455
Uncontrolled Keywords: Prinsip Kehati-hatian, Koperasi, Pemberian Pinjaman
Subjects: 300 Social sciences > 346 Private law > 346.06 Organizations (Associations) > 346.066 Corporations (Companies) > 346.066 8 Kinds of corporations (Kinds of companies)
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 20 Jul 2020 08:26
Last Modified: 07 Oct 2020 02:47
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174881
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item