Perilaku Konsumtif Para Pemain Cardfight!! Vanguard Dalam Komunitas Gamers Gate di Malang

Rainer, Albert (2019) Perilaku Konsumtif Para Pemain Cardfight!! Vanguard Dalam Komunitas Gamers Gate di Malang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Cardfight!! Vanguard merupakan salah satu jenis Collectible Card Game yang sedang populer di Indonesia. Memainkan Cardfight!! Vanguard ternyata memberikan peluang terjadinya perilaku konsumtif, hal tersebutlah yang membuat penulis tertarik untuk meneliti lebih dalam mengenai fenomena ini. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif-kualitatif, dengan teknik purposive sampling. Sumber data primer berupa angket dan wawancara yang akan diberikan kepada para anggota komunitas Gamers Gate. Dalam menganalisis data yang ada, peneliti akan menggunakan teori perilaku konsumtif. Berdasarkan hasil penelitian ini, dalam permainan Cardfight!! Vanguard terdapat ketiga jenis perilaku konsumtif. Jenis perilaku konsumtif tersebut adalah Impulse Buying, Non Rational Buying, dan Wasteful Buying. Impulse Buying adalah pembelian yang terjadi secara tiba-tiba. Impulse Buying yang terjadi dikarenakan harga yang rendah dan kemauan yang kuat untuk mengesampingkan semua yang lain dan bertindak dengan seketika. Non Rational Buying adalah pembelian berdasarkan perasaan. Non Rational Buying yang terjadi dikarenakan iri hati dan harga diri. Wasteful Buying adalah pembelian dengan harga lebih dari yang seharusnya. Wasteful buying ini didasari oleh hobi dan koleksi para pemain.

English Abstract

-

Other obstract

現在、インドネシアに人気があるトレーディングカードゲームの一つはカードファイト‼ヴァンガードである。カードファイト‼ヴァンガードをプレイため、消費行動が行う。その点に、筆者は関心を持ち、詳しく研究しようと思った。 本研究ではデータを分析する上、目的に合ったサンプリングを使用したゲーマーゲートコミュニティのメンバーに対するアンケートとインタビュー調査のデータに基づいた質的記述的研究である。研究に消費行動の理論を使用する。 結果、カードファイト‼ヴァンガードをプレイ際、消費行動の三つポイントが発見された。その三つは衝動買い、不合理買い、と空費買いである。衝動買とはある商品に購入するつもりではないが、購入してしまう。衝動買いの原因はある商品を購入する際考えずに「ただ欲しい」という気持ちに惑わされた。また、安い値段に買ってしまう。不合理買いは感情による購入する現象である。不合理買いの原因は周りに対する嫉妬と自慢である。空費買いは予算超えた商品を買ってしまうという行為。空費買いの原因は趣味と収集する。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/131/051908611
Uncontrolled Keywords: Gamers Gate, Perilaku Konsumtif, Collectible Card Game, Cardfight!! Vanguard
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 17 Nov 2020 07:29
Last Modified: 04 Mar 2024 02:28
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174862
[thumbnail of Albert Rainer.pdf] Text
Albert Rainer.pdf

Download (3MB)

Actions (login required)

View Item View Item