Peran Trait Kepribadian Neuroticism Pada Five Factor Model Terhadap Forgiveness Mahasiswa

Nugroho, Mahardhika Cahyo Aji (2019) Peran Trait Kepribadian Neuroticism Pada Five Factor Model Terhadap Forgiveness Mahasiswa. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Neuroticism adalah bentuk kepribadian yang lebih condong ke arah negatif dimana orang dengan kepribadian ini mudah merasakan cemas, takut dan sering kali depresi. Perilaku tersebut sangat bertolak belakang dengan upaya yang dilakukan seseorang untuk memunculkan forgiveness. Penelitian ini bertujuan untuk mengetahui pengaruh trait kepribadian neuroticism terhadap forgiveness mahasiswa. Desain penelitian yang akan digunakan adalah penelitian kuantitatif korelasional dengan teknik purposive sampling dimana variable bebas dari penelitian ini adalah neuroticism, sedangkan variable terikat dari penelitian ini adalah forgiveness. Sampel yang digunakan pada penelitian ini adalah mahasiswa sebanyak 807 responden. Pengumpulan data yang dilakukan dalam penelitian ini menggunakan skala TRIM-12 dan skala NEO-FFI. Skala TRIM-12 digunakan untuk mengukur forgiveness. Sedangkan skala NEO-FFI digunakan untuk mengukur neuroticism. Data penelitian yang diperoleh kemudian dianalisis menggunakan metode analisis regersi sederhana, dan ditemukan bahwa terdapat peran yang signifikan antara neuroticism dan forgiveness.

English Abstract

Neuroticism is one of the personality trait that are tend to be negative, where people with this personality tend to fell nervous, scared, and get depressed most of the time. This behavior is quite the opposite of the things to do for someone to forgive. This study was design to know if there are any correlation between neuroticism and forgiveness. The participants are college student in Indonesia with total of 807 sample using purposive sampling technique. Data were gathered using TRIM 12 (Transgression-Related Interpersonal Motivations- 12 Item Version) and also using NEO-FFI scale. Data were analyzed using simple regression method, and it was found that there is significant role between neuroticism and forgiveness.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/789/051908208
Uncontrolled Keywords: forgiveness, kepribadian, neuroticism, forgiveness, neuroticism, personality
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 155 Differential and development psychology > 155.2 Individual psychology > 155.23 Traits and determinants of character and personality > 155.232 Traits
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Psikologi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 09 Oct 2020 11:49
Last Modified: 19 May 2022 04:10
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174773
[thumbnail of Mahardhika Cahyo Aji Nugroho.pdf] Text
Mahardhika Cahyo Aji Nugroho.pdf

Download (2MB)

Actions (login required)

View Item View Item