Hidayat, Raditya (2019) Analisis Peramalan Jumlah Penumpang Kereta Api Penataran Dengan Metode Arima Boxjenkins Dan Exponential Smoothing (Studi Pada Pt Kereta Api Indonesia Daop Viii Surabaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Kereta Api Penataran merupakan salah satu transportasi masal berjenis kereta api lokal yang melayani rute Surabaya-Malang-Blitar maupun sebaliknya. Kereta Api Penataran memiliki tingkat okupansi penumpang tertinggi bila dibandingkan dengan kereta api lokal lain yang berada dibawah operator PT Kereta Api Indonesia Daop VIII Surabaya. Jumlah penumpang KA Penataran memiliki kecenderungan untuk meningkat setiap tahunnya. Peramalan jumlah penumpang dilakukan untuk melakukan perencanaan kegiatan operasional kereta api guna memenuhi permintaan pasar serta biaya operasional yang dikeluarkan. Metode peramalan yang dipilih adalah Metode ARIMA Box-Jenkins dan Metode Exponential Smoothing dengan uji akurasi menggunakan MAPE, MSD, dan MAD. Hasil uji pola yang didapatkan adalah pola tren naik dengan unsur musiman sehingga digunakan Metode Exponential Smoothing-Winter dan Metode ARIMA {(0,1,0)(1,1,1)12}. Hasil nilai uji akurasi menunjukkan bahwa penggunaan Metode ARIMA {(0,1,0)(1,1,1)12} lebih baik dibandingkan dengan Metode Exponential Smoothing-Winter dengan nilai ramalan yang mendekati realita jumlah penumpang. Hasil penelitian ini juga memberikan gambaran bahwa kenaikan jumlah penumpang berdampak pada tarif kereta api tersebut. Semakin tinggi jumlah penumpang maka semakin rendah tarif aktual yang dibebankan kepada penumpang. Hal tersebut dapat mengurangi beban subsidi yang dikeluarkan pemerintah untuk menutupi biaya operasional yang dikeluarkan
English Abstract
Penataran Train is a local mass transportation serving the route of SurabayaMalang-Blitar. Its occupancy is the highest of all local trains operated by PT Kereta Api Indonesia Operating Region VIII Surabaya. Its passenger increase every year. Forecasting the number of passenger is useful to support operational planning to fulfill market’s demand and to predict operational cost. This study uses BoxJenkin’s ARIMA and Exponential Smoothing Methods with MAPE, MSD, and MAD to assess the accuracy. The pattern test shows an increasing trend with seasonal component, so ARIMA {(0,1,0)(1,1,1)12} and Exponential SmoothingWinter methods were used. The accuracy test on the two methods indicates that the former is better than the latter by providng forecasting values approaching the actual number of passengers. The results of this study illustrate that the increase of passengers influence the train fare. The higher the number of passengers, the lower the actual fare that passengers must pay. Therefore, the subsidy that the government must pay to cover the operational cost becomes lower.
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FEB/2019/355/051907941 |
Uncontrolled Keywords: | Peramalan, Jumlah Penumpang, ARIMA Box-Jenkins, Exponential Smoothing, Tarif, Forecast, Number of Passenger, Box-Jenkins’ ARIMA, Exponential Smoothing, Fare |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 658 General management > 658.4 Executive management > 658.401 Planning, policy making, control, quality management |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Manajemen |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 07 Nov 2020 08:01 |
Last Modified: | 05 Sep 2023 07:23 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174752 |
Text
Raditya Hidayat.pdf Download (3MB) |
Actions (login required)
View Item |