Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan E-Learning Systems Dalam Proses Belajar (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya)

Dewi, Indri Kusuma (2019) Faktor-Faktor Yang Mempengaruhi Penggunaan E-Learning Systems Dalam Proses Belajar (Studi Kasus Pada Mahasiswa Universitas Brawijaya). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perkembangan teknologi informasi dan komunikasi memicu adanya e-learning systems yang diadopsi oleh Universitas Brawijaya. Berdasarkan hal tersebut, peneliti ingin menguji pengaruh norma subjektif, efikasi diri, persepsi kegunaan dan persepsi kemudahan penggunaan terhadap minat mahasiswa Universitas Brawijaya yang berujung pada penggunaan e-learning systems dalam proses belajarnya. Metode yang digunakan dalam penelitian ini adalah metode survei dengan menyebarkan kuisioner daring kepada mahasiswa Universitas Brawijaya yang pernah dan sedang menggunakan e-elarning systems dalam proses belajarnya. Judgment sampling digunakan untuk menentukan jumlah sampel karena ada keterbatasan informasi mengenai populasi. Data yang diperoleh hanya sebesar 90 data yang kemudian dianalisis menggunakan model Part Least Square (PLS) dengan aplikasi SmartPLS. Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa norma subjektif berpengaruh terhadap persepsi kegunaan, namun tidak berpengaruh terhadap persepsi kemudahan penggunaan dan minat keperilakuan. Efikasi diri berpengaruh terhadap persepsi kemudahan penggunaan, namun tidak berpengaruh terhadap persepsi kegunaan dan minat keperilakuan. Persepsi kemudahan penggunaan berpengaruh terhadap persepsi kegunaan, namun tidak berpengaruh terhadap minat keperilakuan. Persepsi kegunaan berpengaruh terhadap minat keperilakuan, Minat keperilakuan berpengaruh terhadap perilaku aktual. Hal ini membuktikan bahwa Model Penerimaan Teknologi tidak dapat menjelaskan penerimaane-learning systems dalam proses belajar mahasiswa Universitas Brawijaya. Selanjutnya, hasil penelitian ini dapat digunakan oleh Universitas Brawijaya untuk mengaplikasikan dan mengembangkan penggunaan e-learning systems dalam proses belajar mengajar sehingga tujuan pembelajaran tercapai secara efektif dan efisien.

English Abstract

The development of information and communication technology has triggered the existence of e-learning systems adopted by Universitas Brawijaya.Based on this, I as the researcher, wants to examine the effect of subjective norms, self-efficacy, perceived usefullness and perceived ease of use on the Students of BrawijayaUniversity interest that leads to the use of e-learning systems in the learning process. The method that is used on this research is survey method which is distributing online questionnaires to the students of Brawijaya University that once had used or in the process of using e-learning systems in the learning process. Judgment Sampling used to determine sample data as the limited information about the population. Theres 90 data collected which later analized using Part Least Square (PLS) Model with SmartPLS application. The result of the research prove that the subjective norms take effects on the perceived usefullness, but doesn’t take effects of perceived ease of use and behavioral interest. Self efficacy take effects on the perceived ease of use, but doesn’t take effects of perceived usefulness and behavioral interest. Perceived ease of use take effects on perceived usefulness, but doesn’t take effects of behavioral interest. Perceived usefullness take effects to behavioral interest. Behavioral interest did not take effects to actual behavior. This proves that technology acceptance model could not explain the acceptance of e-learning systems on the Brawijaya University student’s learning process. In the future, this research result can could be used by Brawijaya Universities Students to apply and develop the usage of elearning systems in the learning and teaching process so that the learning objetives could be achieved with effective and efficient.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FEB/2019/375/051908003
Uncontrolled Keywords: norma subjektif, efikasi diri, model penerimaan teknologi, e-learning, subjective norms, self efficacy, technology acceptance model, e-learning
Subjects: 000 Computer science, information and general works > 005 Computer programming, programs, data > 005.4 Systems programming and programs > 005.43 Systems programs > 005.433 71 Systems programs (Education)
Divisions: Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi
Depositing User: Nur Cholis
Date Deposited: 10 Nov 2020 17:03
Last Modified: 10 Nov 2020 17:03
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174723
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item