Kompetensi Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Anak Tunarungu Kelas V SDLB-B YPTB Malang: Kajian Psikolinguistik

Prihandini, Caesarilla Wahyu (2019) Kompetensi Keterampilan Menulis Karangan Deskripsi Anak Tunarungu Kelas V SDLB-B YPTB Malang: Kajian Psikolinguistik. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Otak memiliki hubungan keterkaitan dengan bahasa karena otak merupakan pengaturan seluruh badan dan pusat pemikiran manusia. Proses pemerolehan bahasa pada anak ditentukan oleh struktur dan organisasi otaknya. Tunarungu merupakan salah satu gangguan berbahasa dengan keadaan hemisfir kiri pada otaknya terganggu sehingga indera pendengaran tidak berfungsi dan berdampak terhadap kemahiran dalam menggunakan bahasa. Tujuan penelitian ini yaitu (1) mendeskripsikan kompetensi rerata panjang kalimat pada keterampilan menulis karangan deskripsi anak tunarungu kelas V SDLB-B YPTB Malang, (2) mendeskripsikan kompetensi pola kalimat pada keterampilan menulis karangan deskripsi anak tunarungu kelas V SDLB-B YPTB Malang, dan (3) menjelaskan kompetensi makna kalimat pada keterampilan menulis karangan deskripsi anak tunarungu kelas V SDLB-B YPTB Malang. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif untuk mendeskripsikan kompetensi keterampilan menulis karangan deskripsi ATR. Hasil penelitian ini adalah (1) rerata panjang kalimat yang diproduksi ATR untuk mendeskripsikan gambar meliputi, ujaran dua kata (UDK), ujaran tiga kata (UTK), perkembangan ujaran kalimat tunggal, perkembangan ujaran kalimat majemuk setara, dan perkembangan ujaran kalimat majemuk bertingkat. Namun, pada penulisan kalimat tunggal dan perkembangan kalimat majemuk setara terdapat kerancuan dalam penggunaan preposisi di- dan ke-. (2) Pola kalimat pada karangan deskripsi ATR meliputi, S-P, S-Pel, S-P-O, S-P-Pel, S-P-Ket, S-Ket-Pel,S-P-O-Ket, S-P-OPel, S-P-Ket-Pel, dan S-Ket-P-Pel. Adanya penggunaan pola kalimat unik yang khas atau identik dengan ATR, yaitu pola O-P-S dan O-P-S-Ket. Selain itu, terdapat kerancuan penyusunan pola kalimat pada karangan deskripsi ATR sehingga biasanya kalimat yang dihasilkan oleh ATR terkesan rancu atau terbolak-balik dan sukar dipahami oleh orang lain di sekitarnya. (3) Makna kalimat yang diproduksi oleh ATR meliputi makna leksikal dan makna gramatikal.

English Abstract

The brain has a relationship with language because the brain is the regulation of all bodies and centers of human thought. The process of acquiring language in children is determined by the structure and organization of the brain. Deafness is one of the language disorders with the condition of the left hemisphere in the brain disturbed so that the sense of hearing does not function and has an impact on proficiency in using language. The aim of this study is (1) to describe from average lenght sentences in the writing skills of deaf children in grade V SDLB-B YPTB Malang, (2) to describe of sentence patterns in the writing skills of description in deaf children of grade V SDLB-B YPTB Malang, and (3) to explain of meaning in the sentences of writing essay by deaf children in grade V SDLB-B YPTB Malang. This study uses a qualitative approach to describe the competence of writing skills in the description of ATR. The results is (1) the length of sentences produced by ATR include, two-word utterances (UDK), three-word utterances (UTK), development of single sentence utterances, development of equivalent compound sentence statements, and development of multilevel compound sentence statements. However, in the writing single sentences and the development of equivalent compound sentences there is a confusion in the use of prepositions atand to. (2) Sentence patterns in the description of ATR include, S-P, S-Pel, S-P-O, S-P-Pel, S-P-Ket, S-Ket-Pel, S-P-O-Ket, S-P-O-Pel , S-P-Ket-Pel, and S-Ket-PPel. The use of unique sentence patterns that are identical with ATR, namely the O-P-S and O-P-S-Ket patterns. Moreover, there is a confusion from the preparation of sentence patterns in the description of ATR so that the sentences generated by ATR usually seem ambiguous or reversed and difficult to understand by others around them. (3) Meanings of sentences produced by ATR include lexical and grammatical meanings.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/89/051908485
Uncontrolled Keywords: Anak tunarungu (ATR), karangan deskripsi, rerata panjang kalimat, pola kalimat, dan makna-Deaf Children, essay description, average lenght sentence, sentence pattern, dan meaning.
Subjects: 400 Language > 401 Philosophy and theory; international languages > 401.9 Psychological principles, language acquisition, speech perception
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa dan Sastra Indonesia
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 07 Oct 2020 15:39
Last Modified: 01 Mar 2024 06:26
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174640
[thumbnail of Caesarilla Wahyu Prihandini.pdf] Text
Caesarilla Wahyu Prihandini.pdf

Download (28MB)

Actions (login required)

View Item View Item