Peran Media Massa dalam Membvangun Strategi Pemenangan Pemilihan Kepala Daerah (Studi Kasus Pemenangan Khofifah-Emil dalam Pilkada Jatim 2018)

Saputro, Fauzi Alfian Gunarto (2019) Peran Media Massa dalam Membvangun Strategi Pemenangan Pemilihan Kepala Daerah (Studi Kasus Pemenangan Khofifah-Emil dalam Pilkada Jatim 2018). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini mengidentifikasi bagaimana peran dan bentuk kontribusi media massa terhadap elektabilitas yang dimiliki calon gubernur dan wakil gubernur Khofifah-Emil dalam strategi pemenangan yang dilakukan pada pemilihan gubernur Jawa Timur 2018 serta dasar alasan redaksi memberikan dukungan tersendiri kepada salah satu calon gubernur yaitu Khofifah. Jenis penelitian ini adalah kualitatif dimana pengumpulan datanya menggunakan data primer yaitu wawancara, dan data sekunder, diperoleh dari tautan dan konten yang ada pada media massa maupun media sosial yang dianalisis menggunakan teknik analisis konten, dan penarikan kesimpulan. Fenomena yang ada dan yang mendasari penelitian ini ialah pola strategi yang dilakukan oleh Cagub dan Cawagub dalam membangun citra baik demi meningkatkan elektabilitas dan mengumpulkan dukungan masyarakat melalui pencitraan yang dilakukan menggunakan media massa dan media sosial, dalam wacana yang ada pada media massa tersuratkan secara jelas bagaimana media massa yang mendukung salah satu calon yang bertanding pada pilgub dengan mengkonstruksi citra yang baik untuk salah satu calon gubernur tersebut yang harapan nya akan memberikan persepsi kepada masyarakat dan akhirnya memenangkan Pilgub Jatim 2018. Hasil yang diperoleh dalam penelitian ini adalah bentuk – bentuk pencitraan yang dilakukan oleh Khofifah-Emil menggunakan media massa, salah satu media massa yaitu Harian Bangsa yang memberikan dukungan khusus berupa wacana pada media cetak dan media online nya secara terus – menerus menjelang Pilgub dan keberpihakannya kepada Khofifah-Emil serta dasar alasan dan keuntungan redaksi tersebut memihak.

English Abstract

This research aimed to identify how the role and contribution of mass media to electability of the governor and deputy governor candidate Khofifah – Emil in a winning strategy which is conducted in the East Java’s governor election 2018, and also basic reason why the redaction gave its own support to the one of governor candidate, that is Khofifah. The type of this research was consisted with qualitative method which used data collecting by doing interview as the main data, and secondary data was collected by mass media and social media post and content analyzed by content analysis technique, and conclusion. The phenomenon that happens and underlies in this research was the pattern of strategy carried on by governor and deputy governor candidate in building a good image to increase the electability and collect people supports through imaging using mass media and social media, in the discourse that exist on mass media clearly stated how the mass media support one of the candidate who competed in governor election by constructing a good image for one of the governor candidate, that hope to give perception to people and finally winning the Pilkada Jatim 2018. The result of this research is imaging shapes that done by Khofifah – Emil using mass media, one of them is Harian Bangsa which provide special support in the form of discourse on its mass media and online media continuously before governor election and its partisanship to Khofifah – Emil, also basic reason and redaction benefit.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/853/051908271
Uncontrolled Keywords: Media Massa, Pencitraan, Elektabilitas, Kampanye, Keberpihakan. Mass Media, Imaging, Electability, Campaign, Partisanship.
Subjects: 300 Social sciences > 324 The political process > 324.9 History and geographic treatment of elections
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Politik
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 15 Oct 2020 15:16
Last Modified: 05 Jan 2022 04:06
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174639
[thumbnail of Fauzi Alfian Gunarto Saputro.pdf]
Preview
Text
Fauzi Alfian Gunarto Saputro.pdf

Download (4MB) | Preview

Actions (login required)

View Item View Item