Prasetiyo, Didik (2019) Analisis Faktor-Faktor Yang Memengaruhi Kepuasan Pengguna Dan Manfaat Bersih Atas Implementasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi Pada Kantor Vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharaan Wilayah Dki Jakarta. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.
Abstract
Penelitian ini menguji faktor-faktor yang memengaruhi kepuasan pengguna dan manfaat bersih atas implementasi Sistem Aplikasi Keuangan Tingkat Instansi (SAKTI) dengan mengadaptasi Model Kesuksesan Sistem Informasi dari Delone dan McLeane (2003). Objek penelitian ini adalah Kantor Vertikal Direktorat Jenderal Perbendaharan Lingkup Wilayah DKI Jakarta. Sebanyak 74 data berhasil dikumpulkan menggunakan metode survei dengan teknik purposive sampling. Analisis data dilakukan dengan menggunakan metode Structural Equation Model (SEM) dengan bantuan aplikasi SmartPLS versi 3.28. Hasil pengujian penelitian menunjukan bahwa variabel kualitas sistem dan struktur organisasi berpengaruh positif terhadap kepuasan pengguna. Variabel kualitas informasi, kualitas layanan, dan pelatihan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna. Kualitas infomasi tidak berpengaruh terhadap kepuasan penguna karena mayoritas responden penilitian ini adalah sebagai operator yang hanya bertugas merekam transaksi sehingga tidak membutuhkan hasil laporan. Kualitas layanan tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna karena SAKTI adalah sistem yang pengelolaannya sepenuhnya ada pada tingkat kantor pusat, pengguna hanya butuh suatu sistem yang mudah digunakan dan dipelajari. Pelatihan bagi pengguna tidak berpengaruh terhadap kepuasan pengguna karena pada kenyataannya ada pengguna aplikasi yang tidak pernah mendapatkan pelatihan. Hasil penelitian juga memberikan bukti empiris bahwa variabel kepuasan pengguna berpengaruh positif terhadap manfaat bersih atas implementasi SAKTI.
English Abstract
This study examines the factors influencing the user’satisfaction and net benefit of the the Institution Financial Application System (SAKTI) implementation using DeLone and McLean system information success model (2003). The object of this research is Vertical Offices of Directorate General of Treasury in Jakarta Province. Data for this study were collected from a survey of 74 respondens by using purposive sampling method. The data analysis uses Structural Equation Model (SEM) with SmartPLS ver. 3.28. The results show that system quality and organitazion structure posistively influence the user’s satisfaction. Information quality, service quality, and training for user do not influence the user satisfaction. The information quality doesn’t influence the user satisfaction because the majority of respondents in this study are operators who are only tasked with recording transactions so that they do not require the information. The service quality doesn’t influence user’s satisfaction because SAKTI is a system that is fully managed at the head office level, so the user only need a system that is easy to use and learn. Training for users doesn’t influence the user’s satisfaction because in reality there are users have never received training. The results also show that user satisfaction positively influences net benefit from the SAKTI’s implementation
Other obstract
-
Item Type: | Thesis (Sarjana) |
---|---|
Identification Number: | SKR/FEB/2019/414/051908021 |
Uncontrolled Keywords: | kualitas sistem, kualitas informasi, kualitas layanan, struktur organisasi, pelatihan, kepuasan pengguna, manfaat bersih, SAKTI, partial least square (PLS), system quality, information quality, service quality, organization structure, training for user, user satisfaction, net benefit, SAKTI, partial least square (PLS) |
Subjects: | 600 Technology (Applied sciences) > 657 Accounting > 657.028 5 Accounting (Computer applications) |
Divisions: | Fakultas Ekonomi dan Bisnis > Akuntansi |
Depositing User: | Nur Cholis |
Date Deposited: | 09 Nov 2020 06:07 |
Last Modified: | 09 Nov 2020 06:07 |
URI: | http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174618 |
Actions (login required)
View Item |