Komunikasi Instruksional Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Tunaganda (Studi Deskriptif Kualitatif pada Guru di Yayasan Sayap Ibu Bintaro)

Anggani, Putri (2019) Komunikasi Instruksional Guru dalam Meningkatkan Kemandirian Anak Tunaganda (Studi Deskriptif Kualitatif pada Guru di Yayasan Sayap Ibu Bintaro). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Penelitian ini bertujuan untuk menggambarkan proses komunikasi instruksional guru terhadap anak tunaganda di Sekolah Khusus Sayap Ibu (SKH) dalam meningkatkan kemandiriannya. Penelitian ini didasari atas pentingnya pendidikan luar biasa yang dikhususkan untuk anak-anak disabilitas dengan menggunakan cara belajar dan interaksi yang berbeda karena mereka mempunyai karakteristik dan kompetensi yang tidak sama dengan anak-anak normal. Metode Penelitian yang digunakan dalam penelitian ini adalah deskriptif kualitatif. Peneliti menggunakan 3 orang informan sebagai sumber untuk memperoleh data dengan menggunakan teknik purposive sampling. Teknik analisis data yang digunakan adalah teknik Matthew B. Miles dan A. Michael Huberman. Hasil dari penelitian ini adalah guru berpandangan bahwa siswa tunaganda mempunyai potensi pada akses atau indera yang masih bekerja dengan menggunakan Augmentative and Alternative Communication (AAC) sebagai saluran untuk membentuk pesan seperti simbol dan tanda, teknik benda asli atau buatan, komunikasi objek, gestur, serta sistem komunikasi verbal dan non-verbal seperti lisan yang jelas, tidak berbelit-belit, berulang, dan perlahan, dengan menyertakan bahasa isyarat, sentuhan, dan kontak mata. Strategi komunikasi instruksional guru dalam meningkatkan kemandirian anak tunaganda disesuaikan dengan karakteristik dan kompetensi siswa pada perkembangan area bekerja, bina diri, dan komunikasi melalui sistem praktik fungsional seperti activity of daily living. Wujud dari pembelajaran ini adalah upaya agar siswa tunaganda dapat membiasakan diri dalam kegiatan dan interaksi sehari-hari yang bermanfaat untuk perkembangan siswa tunaganda di masa depannya.

English Abstract

This research aims to seek instructional communication teachers process on improving independence of multiple disabilities student in Sekolah Khusus Sayap Ibu (SKH). The research is based on the importance of special education for disable students that needs different ways to interact and study because their characteristics and competence are not the same as normal students. Researcher use qualitative descriptive methods and took 3 informant teachers as the source of data using purposive sampling technique. Matthew B. Miles and A. Michael Huberman technique is used for the analysis data technique. This study reveals that teachers’ perspectives of multiple disabilities students has potential on access or senses that still works, using augmentative and alternative (AAC) systems as the channel to form the message such as sign symbols, original and or artificial object, gestures, and verbal nonverbal communication systems such as pronounced speech, use simple language and directly to the point, repeatedly, and slowly by including sign language, touch, and eye contact. Communication instruction strategies to improve independence of multiple disabilities students are adjusted on students’ characteristics and competences in developing their working area, self-esteem, and communication ability through functional activities as activity of daily living. This instructional form is to make multiple disabilities students to get used to daily basic life activities and its interactions which is beneficial for their developments on the future.

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FISIP/2019/839/051908257
Uncontrolled Keywords: Siswa Tunaganda, Komunikasi Instruksional, Kemandirian Tunaganda, Multiple Disabilities Student, Instructional Communication, Multiple Disabilities Independence
Subjects: 100 Philosophy, parapsychology and occultism, psychology > 153 Conscious mental processes and intelligence > 153.6 Communication
Divisions: Fakultas Ilmu Sosial dan Ilmu Politik > Ilmu Komunikasi
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 01 Oct 2020 05:43
Last Modified: 01 Oct 2020 05:43
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174585
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item