Representasi Tanda yang Melambangkan Nama Prefektur dalam Bahasa Isyarat Jepang

Hanafi, Syaifuddin (2019) Representasi Tanda yang Melambangkan Nama Prefektur dalam Bahasa Isyarat Jepang. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Bahasa isyarat Jepang merupakan keluarga bahasa visual-spasial yang kompleks yang digunakan oleh komunitas tunarungu di Jepang, yang mana dalam pengaplikasian bahasanya menggunakan sistem tanda yang direpresentasikan sesuai dengan makna yang ingin disampaikan. Pada penelitian ini menggunakan metode penelitian deskriptif kualitatif dengan teknik observasi. Data penelitian diperoleh dari kumpulan kosakata bahasa isyarat Jepang nama prefektur dalam video Shuwa Kyoushitsu Hananoki Shin Shuwa Tango [Todofuken]. Sebagai alat analisis, digunakan teori semiotika segitiga makna oleh Charles Sanders Pierce (1986). Hasil penelitian ini menunjukkan bahwa bahasa isyarat Jepang nama prefektur dapat diungkapkan dengan satu isyarat dan dua isyarat. Terdapat 30 data bahasa isyarat Jepang nama prefektur yang direpresentasikan dengan satu isyarat, dengan rincian: (1) jenis Iconic Sinsign, (2) jenis Dicent Sinsign, dan (3) jenis Argument; dan 20 data bahasa isyarat Jepang nama prefektur yang direpresentasikan dengan dua isyarat, dengan rincian: (1) gabungan jenis Rhemantic Indexical Sinsign dan Dicent Symbol, (2) gabungan jenis Iconic Sinsign dan Dicent Sinsign, (3) gabungan jenis Rhemantic Indexical Sinsign dan Qualisign, (4) gabungan jenis Rhemantic Indexical Sinsign dan Iconic Sinsign, (5) gabungan dua jenis Iconic Sinsign, (6) gabungan dua jenis Dicent Symbol, (7) gabungan jenis Qualisign dan Argument, (8) gabungan jenis Argument dan Icon Sinsign, dan gabungan jenis Dicent Symbol dan Qualisign. Kesimpulan dari penelitian ini, representasi tanda yang melambangkan nama prefektur dalam bahasa isyarat Jepang di antaranya adalah representasi kualitas, representasi bentuk objek, representasi perumpamaan objek, representasi ikon khas prefektur, representasi bentuk huruf kanji, dan representasi bentuk huruf kana.

English Abstract

-

Other obstract

日本手話は日本の聾者が使う複雑な視覚空間言語である。言語の使用において、伝えられる意味に従って表現されているサインシステムを使用する。 この研究では、観察技法を用いた記述的定性的研究方法を使用している。研究データは、YouTube のビデオ『手話教室・華乃樹・新手話単語「都道府県」』の都道府県の手話語彙の集まりから得た。分析方法として、著者はCharles Sanders PierceによるTriangle Meaningという記号論の理論を使っている。 この研究の結果は、日本手話による都道府県名が1つの記号と2つの記号で表現できることを示している。手話の都道府県名は1つの記号で表現されたデータが30あり、その詳細は(1) Iconic Sinsignと(2) Dicent Sinsignと(3) Argument がある。手話の都道府県名は2つの記号で表現されたデータが20あり、その詳細は (1) Rhemantic Indexical SinsignとDicent Symbol 、(2) Iconic SinsignとDicent Sinsign 、(3) Remantic Indexical SinsignとQualisign 、(4) Rhemantic Indexical SinsignとIconic Sinsign 、(5) 二種類のIconic Sinsign 、(6) 二種類のDicent Symbol 、(7) QualisignとArgument 、(8) ArgumentとIconic Sinsign 、(9) Dicent SymbolとQualisignがある。この研究の結論として、日本手話による都道府県名の手話表現は、品質表現、物体形状の表現、物体イメージの表現、典型的な都道府県のアイコン表現、漢字表現、仮名文字表現を含む。

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/109/051908505
Uncontrolled Keywords: bahasa isyarat, bahasa isyarat Jepang, semiotika, tanda
Subjects: 400 Language > 419 Sign language
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Jepang
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:38
Last Modified: 05 Aug 2020 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174561
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item