Analisis Peranan Pemahaman Wajib Pajak terhadap Kepatuhan wajib Pajak

Siregar, Febrina Tiur Rohana (2019) Analisis Peranan Pemahaman Wajib Pajak terhadap Kepatuhan wajib Pajak. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Berdasarkan hasil reformasi perpajakan tahun 1983, di Indonesia saat ini menggunakan Self Assessment System dalam melakukan pemungutan pajak yang memberikan kebebasan kepada wajib pajak untuk membayar sendiri pajaknya. Kondisi perpajakan seperti ini yang menuntut keikutsertaan aktif wajib pajak dalam menyelenggarakan mekanisme pemungutan pajak membutuhkan kepatuhan wajib pajak yang tinggi, dengan tujuan untuk tercapainya penerimaan pajak yang optimal (Kepatuhan Wajib Pajak) Pemahaman Pajak merupakan elemen penting dalam sistem pajak, k_hususnya untuk menentukan kepatuhan perpajakannya. Sistem self-assessment juga memberikan dampak bagi kompleksitas pajak (Tax ('ompleciiy) yang timbul dikarenakan meningkatnya kecanggihan dalam sistem perpajakan. Kota Malang sebagai kota terbesar kedua di Jawa Timur setelah Surabaya dan sebagai kota yang seinakin berkembang juga memiliki wajib pajak yang semakin meningkat Tingkat kepatuhan wajib pajak di Kota Malang dalam memenuhi kewajiban perpajakannya dilihat dari kebenaran dan ketepatan waktu Surat Pemberitahuan (SPT) chlaporkan atau disampaikan ke Kantor Pelayanan Pajak menunjukan tingkat rasio kepatuhan Wajib Pajak Orang Pribadi di Kota Malang masih tergolong rendah. Hal tersebut dibuktikan dengan tingkat rasio yang masih rendah dibawah target sebesar 75% yang telah ditentukan oleh Kanwil DJP Jatim III dan mencerminkan WP di Kota Malang secara umum masih belum patuh. Salah satu sebab belum optimalnya penerimaan pajak seperti yang telah dijelaskan ialah rendahnya tingkat kepatuhan wajib pajak. Penelitian ini bertujuan untuk (1) Mengetahui dan menganalisis bagaimana peranan pemahaman pajak terhadap kepatuhan perpajakan; serta (2) Mengetahui dan menganalisis bagaimana peranan pemahaman wajib pajak terhadap persepsi kompleksitas pajak Penelitian yang digunakan adalah penelitian deskriptif dengan pendekatan kualitatif. Fokus dalam penelitian ini adalah Theory of Planned behaviour, Pemahaman Wajib Pajak, serta Kepatuhan Wajib Pajak. Penelitian dilakukan di Kanwil DJP Jatim III karena membawahi beberapa unit KPP salah satunya KPP Malang Selatan yang beragam karakteristik perekonomiannya dan tingkat pemahaman yang berbeda-beda. Basil dari penelitian ini menjelaskan bahwa Pemahaman Wajib Pajak di Kota Malang berperan terhadap Kepatuhan Pajak relatif lebih tergolong dalam determinan Norma Subjektif. Artinya disini Pemahaman Pajak merupakan keyakinan individu (Wajib Pajak) mengenai harapan orang-orang sekitar yang berpengaruh (significant other) baik perorangan ataupun perkelompok untuk menampilkan perilaku (Patuh terhadap Perpajakan) atau tidak.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIA/2019/570/051907491
Uncontrolled Keywords: Kepatuhan Pajak , Wajib Pajak, Pemahaman Pajak, Kota Malang.
Subjects: 300 Social sciences > 352 General considerations of public administration > 352.3 Executive management > 352.38 Information management
Divisions: Fakultas Ilmu Administrasi > Ilmu Administrasi Bisnis / Niaga
Depositing User: Budi Wahyono Wahyono
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:38
Last Modified: 05 Aug 2020 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174525
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item