Gambaran Perilaku Emotif Irasional pada Tokoh Justine Pada Film Grave 2017 Kajian Psikologi

Maran, Clara Shinta Widyaningtyas Pute (2019) Gambaran Perilaku Emotif Irasional pada Tokoh Justine Pada Film Grave 2017 Kajian Psikologi. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Perilaku Irasional dapat tedadi pada manusia dengan pemicu peristiwa pendahulu, kemudian ditambah keyakinan yang dimiliki berdasarkan peristiwa pendahulu tersebut, akan menimbulkan konsekuensi. Tokoh Justine pada film Grave (2017) dengan sutradara Julia Ducoumau adalah seorang gadis muda vegetarian yang kemudian berubah menjadi pemakan daging mentah dan bahkan daging manusia. Dengan demikian, tujuan penelitian yang menjadi kajian psikologis ini adalah untuk mengetahui gambaran perilaku emotif irasional dari tokoh Justine dalam film Grave. Penelitian ini menggunakan teori kepribadian REBT (Rational Emotive Behavior Therapy) ABC (Antecedent Event, Belief Consequence) dari Albert Ellis tahun 1950 yang dikutip dari Gerald Corey (2013). Jenis penelitian ini adalah deskriptif kualitatif yang berfokus pada fenomena emotif irasional yang dialami objek penelitian ini dan kemudian diinterpretasi serta disajikan dalam bentuk penggambaran tertulis. Basil penelitian ini menunjukkan bagaimana Justine mengalami beberapa peristiwa pendahulu (yakni: 1. Sikap keras sang ibu, 2. Pemaksaan untuk memakan ginjal kelinci mentah oleh saudarinya Alexia, dan 3. Kegiatan penyambutan selamat datang dengan darah sapi di universitas) yang merupakan pemicu keyakinan irasional yaitu keinginan untuk memakan daging mentah dan daging manusia (kanibalisme), yang kemudian membentuk perilaku irasional tersebut sebagai pemuasan. Saran peneliti untuk penelitian selanjutnya adalah penerapan teori kepribadian REBT Albert Ellis secara lengkap, ABCDE, untuk meneliti gambaran perilaku irasional dan penyembuhannya pada penelitian selanjutnya pada objek material yang berbeda.

English Abstract

-

Other obstract

-

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/38/051908560
Uncontrolled Keywords: Psikologi, Perilaku Irasional, Emosi, Kanibal
Subjects: 700 The Arts > 791 Public performances > 791.4 Motion pictures, radio, television > 791.43 Motion pictures > 791.437 Films
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Bahasa dan Sastra Perancis
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 05 Aug 2020 07:38
Last Modified: 05 Aug 2020 07:38
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174489
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item