Efektifitas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2009 Pasal 110 Ayat (4) Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Kereta Api Terkait Adanya Kecelakaan Di Perlintasan Kereta Api (Studi Di Wilayah Kabupaten Malang)

Herdianto, Yosafat Holyseto (2019) Efektifitas Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2009 Pasal 110 Ayat (4) Tentang Lalu Lintas Dan Angkutan Kereta Api Terkait Adanya Kecelakaan Di Perlintasan Kereta Api (Studi Di Wilayah Kabupaten Malang). Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Pada skripsi ini mengankat tentang permasalahan efektifitas dari Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2009 Pasal 110 Ayat (4) tentang lalu lintas dan angkutan kereta api. Hal ini dilatarbelakangi oleh adanya kecelakaan yang terjadi di perlintasan sebidang kereta api di lapangan yang masih belum adanya palang pintu di perlintasan sebidang kereta api. Berdasarkan Hal tersebut, skripsi ini mengangkat dua rumusan masalah yaitu 1) Mengapa Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2009 Pasal 110 Ayat (4) tentang lalu lintas dan angkutan kereta api terkait palang pintu perlintasan kereta api tidak efektifitas. 2) Apa hambatan Dinas Perhubungan Kabupaten Malang terkait Peraturan Pemerintah Republik Indonesia Nomor 72 Tahun 2009 Pasal 110 Ayat (4) tentang lalu lintas dan angkutan kereta api terkait tidak adanya palang pintu perlintasan sebidang kereta api dan penyelesaian yang di lakukan oleh Dinas Perhubungan. Jenis penelitian yang digunakan adalah Penelitian Yuridis Empiris. Peneliti memilih jenis penelitian ini karena dilatar belakangi dengan adanya suatu kenyataan dilapangan terkait Perundang-Undangan yang terjadi berdampak kepada masyarakat disekitar. Dari hasil penelitian penulis memperoleh jawaban dari narasumber terkait masalah yang dirasakan dan yang membuat Perundang-Undangan terlihat tidak efektif adalah dari segi masyarakatnya sendiri bukan di karenakan dari segi Lebaga Negara atau Perundang-Undanganya yang tidak efektif.

English Abstract

In this thesis, the issue of effectiveness is the Government of the Republic of Indonesia Government Regulation Number 72 of 2009 Article 110 Paragraph (4) concerning traffic and railroad transportation. This is motivated by an accident that occurred at a railway crossing in the field which still has no gate at a railway crossing. Based on this, this thesis raised two formulations of the problem, namely 1) Why the Government Regulation of the Republic of Indonesia Number 72 of 2009 Article 110 Paragraph (4) concerning railway traffic and transportation related to railroad crossings is not effective. 2) What are the obstacles of the Malang Regency Transportation Agency regarding the Government Regulation of the Republic of Indonesia Number 72 of 2009 Article 110 Paragraph (4) concerning railroad traffic and transportation related to the absence of railway crossing crossings and settlement carried out by the Transportation Agency. The type of research used is Juridical Empirical Research. The researcher chose this type of research because it was motivated by the existence of a reality in the field related to legislation that had an impact on the surrounding community. From the results of the study the authors obtained answers from the speakers regarding the perceived problems and what made the legislation seem ineffective was in terms of the community itself not because of the Lebaga Negara or ineffective legislation.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FH/2019/270/051908367
Uncontrolled Keywords: -
Subjects: 300 Social sciences > 343 Military, defense, public property, public finance, tax, commerce (trade), industrial law > 343.09 Control of public utilities > 343.095 Railroad transportation
Divisions: Fakultas Hukum > Ilmu Hukum
Depositing User: Endang Susworini
Date Deposited: 10 Jul 2020 16:51
Last Modified: 21 Oct 2020 06:29
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174484
Full text not available from this repository.

Actions (login required)

View Item View Item