Word Formation Processes of Slang Words Used by Condet People

Fathurrahman, Muhammad Rizqi (2019) Word Formation Processes of Slang Words Used by Condet People. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Proses pembentukan kata adalah bagaimana kata-kata baru sedang dibentuk dalam bahasa sehingga merupakan salah satu yang sangat menarik bagi ahli bahasa karena itu menumpahkan pada aspek lain dari bahasa. Kata-kata baru diperlukan karena penemuan dan perubahan, dinamika kebahasaan, sejumlah besar penemuan baru yang dibuat pada abad ke20 dan 21 dan salah satu sifat bahasa manusia adalah kreativitas. Bahasa gaul sangat informal dan sering digunakan dalam perbincangan sehari-hari. Ini adalah bagian dari bahasa yang biasanya di luar penggunaan konvensional atau standar dan yang dapat terdiri dari kata-kata dan frasa yang baru diciptakan dan makna baru atau diperluas yang dilampirkan pada istilah yang ditetapkan. Condet adalah tempat berkumpulnya suku-suku Betawi terletak di Kecamatan Kramat Jati, Jakarta Timur. Kramat Jati memiliki tujuh desa seperti Batuampar, Balekambang, Kramat Jati, Kampung Tengah, Dukuh, Cawang dan Cililitan dan dua di antaranya (Batuampar dan Balekambang) berlokasi di daerah Condet. Penelitian ini memiliki tujuan untuk mengklasifikasikan kata-kata slang yang digunakan oleh orang Condet. Penelitian ini dilakukan untuk mengetahui penerapan proses pembentukan kata-kata slang yang digunakan oleh orang Condet. Penelitian ini menggunakan pendekatan kualitatif deskriptif. Penelitian ini menggunakan teori Yule (2006). Penulis menemukan 43 ucapan yang mengandung proses pembentukan kata tetapi 18 ucapan tidak dapat dimasukkan karena penulis tidak dapat menemukan etimologi kata. Jadi, penulis memasukkan 26 slangs yang berisi proses pembentukan kata melalui 25 ucapan. Ada 12 slangs yang mengandung pinjaman, 5 slangs yang mengandung derivasi dan blending dan 3 slangs yang mengandung penciptaan. Penulis menyarankan kepada peneliti berikutnya untuk melakukan studi tentang kata-kata slang yang digunakan oleh komunitas tersegmentasi karena komunitas tersegmentasi memiliki cara unik untuk diteliti. Seperti komunikasi antara pengguna narkoba, komunikasi antara band transgender Indonesia dan komunikasi antara homoseksual di Indonesia. Selain itu, analisis suku-suku lain di Indonesia, seperti Minang, Baduy dan Dayak akan tertarik untuk diteliti.

English Abstract

Word formation processes is how new words are being formed in the language so is one of great interest for linguists as it sheds on other aspects of language. The new words are needed because of the inventions and changes, language is dynamic, vast amount of new inventions made in the 20th and 21th and one of the distinctive properties of human language is creativity. Slang is highly informal and is often used in colloquial speech. It is a part of a language that is usually outside of conventional or standard usage and that may consist of both newly coined words and phrases and of new or extended meanings attached to established terms. Condet the place for Betawi’s tribes assemble together is located in Kramat Jati sub-district East Jakarta. Kramat Jati has seven villages such as Batuampar, Balekambang, Kramat Jati, Kampung Tengah, Dukuh, Cawang and Cililitan and two of them (Batuampar and Balekambang) are located in Condet area. This study has the objective to classify slang words used by Condet people. This study is conducted in order to find out the application of word formation processes of slang words used by Condet people. This study uses descriptive qualitative approach. This study uses Yule’s (2006) theory. The writer found 43 utterances containing word formation processes but 18 utterances cannot be inputted because the writer could not found the word etymology. So, the writer inputted 26 slangs containing word formation processes through 25 utterances. There are 12 slangs containing borrowing, 5 slangs containing derivation and blending and 3 slangs containing coinage. The writer suggests to the next researchers to do study on slang words used by segmented communities. It is because the segmented communities have a unique way to be researched. Such as the communication between drug users, the communication between Indonesian transgender band and the communication between homosexual in Indonesia. Moreover, the analysis of other tribes in Indonesia, like Minang, Baduy and Dayak would be interested to be researched.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/366/051908934
Uncontrolled Keywords: word formation, slang, condet
Subjects: 400 Language > 415 Grammar of standard forms of languages > 415.9 Morphology > 415.92 Word formation
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Pendidikan Bahasa Inggris
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 Sep 2020 15:45
Last Modified: 29 Feb 2024 05:14
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174478
[thumbnail of Muhammad Rizqi Fathurrahman.pdf] Text
Muhammad Rizqi Fathurrahman.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item