Identitas dan Gaya Hidup RunMalangRun

Anantyo, Ganang (2019) Identitas dan Gaya Hidup RunMalangRun. Sarjana thesis, Universitas Brawijaya.

Abstract

Komunitas RunMalangRun yang aktif dalam olahraga lari ini membutuhkan pembentukkan identitas dan gaya hidup untuk tetap eksis di dunia olahraga lari di Indonesia terutama Malang supaya dapat dikenal oleh masyarakatnya. Membentuk komunitas seperti yang dilakukan oleh Ryan ini membutuhkan perencanaan yang matang untuk dapat bertahan hingga saat ini. Dan selain itu suatu komunitas dapat membentuk gaya hidup yang baru terhadap anggotanya terhadap pandangan tentang olahraga lari ini. Olahraga lari yang memiliki nilai olahraga yang murah namun saat bergabung ke dalam komunitas, anggotanya akan menyadari bahwa olahraga lari tidak hanya sekedar lari dan membutuhkan pengeluaran yang bisa dikatakan mahal untuk memenuhi kebutuhan lari. Edukasi yang dilakukan oleh anggota-anggota RunMalangRun yang sudah lama menekuni olahraga lari ini akan memberikan pandangan lain terhadap olahraga lari ini. Mengikat anggota secara tidak langsung dengan memberikan logo RunMalangRun yang dijadikan stiker, jersey, tote bag, dan rasa nyaman membuat anggotanya merasa menjadi bagian penting di RunMalangRun ini. Mengayomi anggota dengan suasana yang menyenangkan dan saling perhatian satu sama lain saat lari memberikan nilai tersendiri untuk anggota RunMalangRun. Namun, dalam RunMalangRun ini Ryan sebagai founder menginginkan anggotanya untuk tidak terlalu gengsi dalam hal sepatu dan pakaian lari, walaupun banyak anggotanya yang dapat dibilang mampu tetapi dalam RMR diberikan edukasi untuk lebih mementingkan kenyamanan dan fungsi dari pakaian dan sepatu lari daripada untuk ajang pamer sepatu dan pakaian lari yang mahal.

English Abstract

The RunMalangRun community that is active in running sports needs to form an identity and lifestyle to continue to exist in the world of running sports in Indonesia, especially Malang in order to make people recognized it. Forming a community like what Ryan did requires planning that can last until now. And besides that, a community can form a new lifestyles to its members towards views on running. Running sports that have cheap sports values but are currently joining the community, members will realize that running is not just running and requires funds that can be obtained expensive to meet running needs. Education conducted by RunMalang members who have long pursued running will provide another view of running. The RunMalangRun member logo made with stickers, jersey, tote bag, and comfort makes its members an important part of RunMalangRun. Protecting members with a pleasant atmosphere and caring for each other when running provides separate values for RunMalangRun members. However, in this RunMalangRun as the founder asked his members not to be too proud in terms of shoes and running clothes, how many members could be financed in the RMR that were given education to emphasize the comfort and convenience of clothing and running shoes for showrooms and running shoes expensive ones.

Item Type: Thesis (Sarjana)
Identification Number: SKR/FIB/2019/53/051908575
Uncontrolled Keywords: Identitas, Gaya Hidup, RunMalangRun, Komunitas dan Olahraga Lari-Identity, Lifestyle, RunMalangRun, Community and Running Sports.
Subjects: 300 Social sciences > 307 Communities
Divisions: Fakultas Ilmu Budaya > Antropologi Budaya
Depositing User: soegeng sugeng
Date Deposited: 04 Oct 2020 14:19
Last Modified: 22 Jun 2022 04:50
URI: http://repository.ub.ac.id/id/eprint/174468
[thumbnail of Ganang Anantyo.pdf] Text
Ganang Anantyo.pdf

Download (1MB)

Actions (login required)

View Item View Item